SEO dan Backlink


Mencoba sedikit posting tentang SEO, kali ini membahas bagian utama dari Search Engine Optimazation itu sendiri yaitu Backlink. Banyak sekali yang sudah membahas mengenai masalah ini dan banyak juga opini yang bertentangan. Disini kita tidak usah membahas backlink itu apa, karena saya yakin sebagian besar sudah mengetahui. Yang perlu saya garis bawahi adalah beberapa hal dibawah adalah berdasarkan pemikiran saya yang telah terangkum selama ini ketika berjalan-jalan ke blog teman-teman. Bagi yang mau mengikuti silakan dan yang ingin baca-baca sebagai bahan pertimbangan juga silakan.

SEO dan Backlink
Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai optimasi backlink

1. Dapatkan Backlink berkwalitas dari blog se-Niche
Mungkin ini yang sering dilupakan oleh para blogger, ketika sedang asik memikirkan mendapatkan backlink dalam jumlah banyak. Sebetulnya tidak akan ada masalah mendasar mengenai dimana kita menaruh link ke artikel atau blog kita, tapi lebih baik jika link itu mempunyai pokok bahasan yang sejenis. Kasus yang mungkin paling parah adalah ketika kita salah mencari backlink, bukannya meningkat di SERP tapi yang terjadi adalah Pinalty Google.

2. Backlink dari Blog yang mempunyai bahasa sama
Banyak backlink itu memang mempunyai nilai tersendiri, tapi dari beberapa kali coba-coba hal ini cukup perlu dipertimbangkan. Penggunaan bahasa yang sama dan geotag yang sama juga mempengaruhi kwalitas backlink, hal ini juga berhubungan dengan target yang kita tuju. Semisalkan kita mengejar posisi SERP yang bagus di google.co.id, maka sebaiknya kita mencari backlink dari blog-blog lain yang berbahasa Indonesia, berlaku juga sebaliknya.

3. Penggunaan Anchor Text yang tepat
Banyak yang mengatakan kita harus menggunakan Anchor sesuai keyword, saya setuju dengan hal tersebut. Tapi apakah visitor dari search engine menggunakan keyword seperti apa yang kita targetkan? Tidak ada salahnya kita menempatkan diri sebagai Visitor dan mencoba memutar balik atau menambahkan beberapa kata ( long tail ). Contoh keyword yang dibalik "Blogger Tutorial" dirubah menjadi "Tutorial Blogger" atau ditambahkan kata lain menjadi "Tutorial Hack Blogger". Hal ini mungkin menambah nilai suatu link dengan anchor yang bervariasi tapi tetap mengarah pada artikel yang sama.

4. Perhatikan antara Anchor Text dan Content
Disini ada 2 hal yang kita dapatkan, disatu sisi backlink yang kita dapatkan dapat dibantu oleh keyword-keyword yang kita sebar di artikel itu sendiri. Dibagian lain Visitor yang mengunjungi blog kita akan merasa puas karena mendapatkan apa yang mereka cari, bila dibantu dengan navigasi yang baik besar kemungkinan mereka akan menjelajahi blog kita untuk mencari artikel lain.

5. Beri jeda waktu untuk mendapatkan Backlink
Susah dijelaskan dengan kata-kata, disini saya contohkan saja teorinya.

Hari pertama membuat artikel 1 pada blog A, hari ketiga kita buat artikel 2 di blog B dengan menambahkan link ke artikel 1. Selanjutnya hari keenam kita buat artikel 3 pada blog C dengan link ke artikel 1, begitu selanjutnya. ( link tersebut tidak harus berasal dari artikel, bisa juga dari komentar-komentar )

Dari teori tersebut saya beri penjelasan, artikel saat pertama kita Publis secara langsung dia akan melakukan PING ke Search Enggine. Tentunya kita tidak usah melakukan Optimasi dengan melakukan hal yang sama bukan, beri jeda waktu 2 sampai 3 hari. Mengenai berapa jumlah backlink itu sendiri semua terserah anda, tapi saya ingatkan banyak backlink dalam satu periode waktu malah akan membuat blog anda dikira Link Farm oleh robots.

6. Memilih backlink
Sempat saya singgung di bagian 1, mengapa kita harus memilih dalam mencari backlink. Bukan karena kita sombong, karena adanya backlink membuat blog satu dan lain saling terkait. Semisal kita mendapat Backlink dari blog ber PR (Pagerank) tinggi, tapi blog tersebut menggunakan BlackHat untuk optimasi. Tentunya itu juga berpengaruh buruk pada link yang diberikan kepada blog kita ( memberi nilai minus ).

Saya rasa cukup 6 hal mengenai SEO dan Backlink yang harus diperhatikan disini, semoga berguna bagi nusa, bangsa dan seluruh warga blogosphere. Mengenai Opini dan saran serta tambahan dari teman-teman silakan meninggalkan pesan di kolom komentar.

93 Comments for SEO dan Backlink:

mas doyok write.. 26 April, 2010 Delete

selama ini link saya saya bangun dengan alami kang :) tukar link jgua alhamdulillah gak pilih pilih, 80 persen dgn blog ber PR 0, tapi karena sudah berpedoman

;satu artikel baru
satu link berkualitas baru'

makanya terus semangat psoting :)

rasiqzone write.. 26 April, 2010 Delete

q juga mas doyok, malah 95% PR 0..wkwkwkwwk
tapi it's ok lah..
namanya juga pedoman.. :)

Denny write.. 26 April, 2010 Delete

@M. doy .: ya semua itu butuh korelasi juga antara Content dan Backlink, banyak backlink tapi konten tidak masuk juga sama saja kan. Sebetulnya masih banyak yang berhubungan dengan backlink, tapi kembali lagi semua itu opini.

@rasiq .: jadi teringat ada seperti tabel zaman dulu tentang hub backlink dan PR, tapi sepertinya alogaritmanya sudah berubah.

mendapatkan link dari blog PR0 itu bukan masalah besar, tentunya owner dari blog itu tidak akan diam saja membiarkan blognya berPR0. ketika PR mereka naik ke angka 1 atau mungkin langsung 3 tentunya kita dapat tambahan kan.

Manchester United Tech write.. 26 April, 2010 Delete

ternyata backlink dari blog yang optimasinya BlackHat bisa berdampak buruk pada blog kita ya!!!! thx atas infonya sob...ini sangat bermanfaat buat saya!!!

Unknown write.. 26 April, 2010 Delete

Menganai backlink ya?? kalo aku benar-benar sedang menguji "content is the king" sama sekali tidak bertukar link, pengen lihat sejauh mana pengaruh backlink, jika nanti memiliki pengaruh yang sangat besar, baru aku buka berbagi link... Toh blogku non profit... PR berapapun nrimo.. tapi ya jadi lebih senang jika PR bagus... hehehehe

Denny write.. 26 April, 2010 Delete

@MUT .: itu baru opini yang disertai beberapa test drive, monggo kalau mau di kaji ulang

@Hendriono .: thanks lo mas bantuannya tadi, mengenai "Content is King" saya sangat setuju sekali mengingat pertama kali mendarat di blognya mas hen, saya langsung berputar2 berkeliling mencari sedikit informasi atau sekedar mencuri2 ilmu. jadi ceritanya mau uji coba juga mas, nanti mungkin bisa share mengenai hasilnya mas ;)

semua aspek memang harus di pertimbangkan, karena SERP maupun PR dihasilkan dari alogaritma yang misteri.

blogger bekasi write.. 26 April, 2010 Delete

Salam kenal mas..

Saya juga lagi nyoba seperti mas hendriono. Kalo kita nulis konten sendiri dan update secara rutin, bagaimana hasilnya..
Tanpa cari backlink..
Baru mulai sih, rencananya baru mau di lihat dalam 6 bulan kedepan..
Karena PR menurut saya juga masih misteri, contohnya saya amati salah satu blog saya tanpa backlink, ternyata kemarin update langsung PR1, padahal umur blog juga baru 3 bulan..

Jadi menurut saya, setiap orang punya sudut pandang sendiri mengenai seo dan backlink.

PS: Blognya keren mas.

Denny write.. 27 April, 2010 Delete

@Blogger Bekasi .: sepertinya blog ini juga udah lama ga cari backlink mas, tapi memang beberapa teman masih tetep masang link ke blog ini. Terkadang backlink sendiri muncul secara otomatis di beberapa tempat yang kita tidak sadari :D

anyway yang dimaksud om hen ama bro BB ini mengenai external backlink ya, soalnya tak liat beberapa artikel menggunakan internal backlink.

satrya write.. 27 April, 2010 Delete

Salam kenal mas..

Sbenarnya untuk mencari backlink berkualitas itu tidak selalu harus bertukar link, mas bisa memanfaatkan micro-blogging dan situs social bookmark

ardianzzz write.. 27 April, 2010 Delete

Bagaimana dengan
"membuat dummy blog dan backlink nya"
hahah cara yang dummy untuk dummy blogger :P

Denny write.. 27 April, 2010 Delete

@satrya .: ada beberapa fungsi backlink itu sendiri, misal pada blog2 yang berPR tinggi tentunya itu akan berpengaruh pada alogaritma PR itu sendiri. Nah untuk di microblogging atau social bookmark tentunya kurang berpengaruh pada PR, tapi dia pengaruh pada traffic yang dengan sedikit permainan kata pada title dan diskripsi kita bisa menarik banyak visitor

@ardianzzz .: bukane itu termasuk no 5 dab? dummy ga selamanya harus dummy kan, misalkan kita menguasai beberapa hal, contoh komputer dan blogging. nah disana kita membuat blog dengan niche yang berbeda, satu tentang komputer dan satunya lagi tentang blogging. tapi dua blog tersebut saling mendukung dan mensuport, sedangkan artikel dalam 2 blog tersebut berkwalitas. apakah blog itu masih bisa dikatakan sebagai blog dummy?

News and Technology write.. 28 April, 2010 Delete

ane dah melakukan yg di sebut di atas sob... tp kurang 1 yg point 5, heheh...

manteb jg infonya... tp kl back link buat auto blog gmna sob ???

Denny write.. 28 April, 2010 Delete

@N n T .: satu aja sob buat autoblog, "r u blogger?"

Alay write.. 28 April, 2010 Delete

wah sepp, thnx, harus jaga2, barangkali ada yang pake black hat tuuu ,, hehehehe :D

Blogger write.. 28 April, 2010 Delete

tips SEO yang menarik sob, backlink memang masih jadi inceran utama blogger untuk meningkatkan popularitas semua harus dimaksimalkan dengan berbagai tips2 seperti ini..
Sukses Slalu!

Beben Koben write.. 28 April, 2010 Delete

kang nyungkeun pendapat URGENT (ti musuh yeuh heuheuhehue masih inget???)
http://beben-koben.blogspot.com/2010/04/kembalikan-shoutmix-kita.html

ToPu write.. 29 April, 2010 Delete

Apapun pendapat Anda, I appreciate it. But, Aku sangat TIDAK SETUJU DENGAN PENDAPAT ANDA YANG DIBAHAS PADA ARTIKEL DIATAS. Alasan akan saya posting di blog saya nanti jika ada waktu luang........

Salam Blogger.

Denny write.. 30 April, 2010 Delete

@Topu .: monggo mas, nanti kalo udah write artikelnya kasih kabar ya. mungkin ada pembelajaran lagi yang bermanfaat buat saya. thanks

@Beben .: ndak ada musuhan ben..

dNoxs write.. 30 April, 2010 Delete

saya cuma cari backlink dengan tukaran link.. utk yang lain kelihatannya belum

HAPIA Mesir write.. 01 Mei, 2010 Delete

memang link yang agak berumur efeknya lebih kuat jika di optimasi master.. cuma blog saya kan aslinya bukan tentang blogging..jadi ya utk SERP agak kurang mengigit..

Artikel Islami write.. 01 Mei, 2010 Delete

terima kasih atas saran2nya mas. saya harus lebih teliti dalam memilih biar dapat backlink yang berkualitas

Denny write.. 01 Mei, 2010 Delete

@HAPIA .: balik lagi deh kalo ngomongin niche blog, kita harus fokus biar lebih kerasa di SERP. nanti takutnya artikelnya compang camping. yah sama lah seperti blog ini. awal kemana, akhir kemana.. hehehe..

Leader Street write.. 02 Mei, 2010 Delete

info yang menarik master, tips akan diterapkan untuk kepentingan SEO, sipp

dani write.. 04 Mei, 2010 Delete

Apa memang masih perlu yang namanya self-linking beberapa kali itu ya? Harus paranoid ngecek status bar?

ballecooz write.. 14 Mei, 2010 Delete

makasih mas atas infonya......

Lulur Bali write.. 16 Mei, 2010 Delete

infonya keren, jadi tambah ilmu nih...

anno write.. 16 Mei, 2010 Delete

tambah ilmu lagi neh bro..
submit ke socialbokmark itu juga ngaruh kan bro

SEO Strategy Dapurblogger write.. 29 Mei, 2010 Delete

Sekarang banyak sekali Backlink gratisan yang sangat mudah di dapatkan.
Tapi hati-hati, memilih blog lain yang berbeda content atau tema blog untuk di jadikan link kita, itu akan berpengaruh pada pertumbuhan PR blog kita...

Never Give up Dude write.. 06 Juni, 2010 Delete

Thx for sharing.
dicoba dulu ya.

Unknown write.. 12 Juni, 2010 Delete

Nice info neh kk... haduh.. echa awam bgt jadi ribet dah..
kk share ke blog q tentang cara ubah PR n/a jadi PR 0 dunk??
PR echa mci n/a smpe skrg.. xixixi

t write.. 15 Juni, 2010 Delete

terimakasih banyak atas informasinya....
salam kenal....

javafcindonesia write.. 18 Juni, 2010 Delete

makasih informasinya kang.....

cellular mobile news write.. 23 Juni, 2010 Delete

sangat jenius idenya. izin nyoba .

http://yuyaindou.blogspot.com
http://melodacomputer.blogspot.com

research help write.. 24 Juni, 2010 Delete

Many institutions limit access to their online information. Making this information available will be an asset to all.

icantulang write.. 10 Juli, 2010 Delete

salam kenal kang, saya setuju kang, banyak link dalam suat periode bisa dianggap link farm...............,,coz saya pernah mengalaminya

thx udah sharing

Anonim write.. 22 Juli, 2010 Delete

baru buat ini mas.. tukeren link ya

www.scorev-strategy.com
sorry ganggu

gunawan write.. 23 Juli, 2010 Delete

thanks to the information,
because it is very helpful especially in making and messing work on bloggers who I have today

gunawan write.. 23 Juli, 2010 Delete

thanks to the information,
because it is very helpful especially in making and messing work on bloggers who I have today

SUKSESLETTER write.. 23 Agustus, 2010 Delete

tips seo sipp

refillcellular write.. 23 Agustus, 2010 Delete

Ow, bau tau saya, baru buat blog kemaren si, makasi infonya bos..

msuharto write.. 27 Agustus, 2010 Delete

Terima kasih atas artikelnya... Memang membangun backlink harus sabar dan hati2. Salam sukses...

Alexa-com Weblog write.. 31 Agustus, 2010 Delete

wah selama ini ada 2 cara yg saya gunakan yaitu dptkan backlink dr blog yg PR tinggi dan dpt dr situs jejaringan dan untuk tukar link dulu pernah coba tapi bnyak resiko yg saya dapatkan dr tukar link yaitu saya sudah pasang link merka tp merka blm pasang link sya... mangkannya sya kecwa banget ... dg sistem tukar link ..

aditya permana write.. 03 September, 2010 Delete

mas oleh tuker backlink gg :D

lek oleh..ymen aku ya kakashi_aditya

aisoice write.. 06 Oktober, 2010 Delete

Nice content...
Thx

EASY SEO : http://siantarcity.blogspot.com/2010/09/easy-seo.html

rhega write.. 20 Oktober, 2010 Delete

semangattt gan...
cayooo cayooo...

Blogger Pemula write.. 27 Oktober, 2010 Delete

Nice info bro...nambah wawasan nih. :)

Salam kenal. Blogger Pemula

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia write.. 01 November, 2010 Delete

berarti ga ada cara cepat cari backlink ya bos????

dayat write.. 10 Desember, 2010 Delete

mikirin backlink mikirin pusing...
ada gak sih baclink yang otomatis namun tanpa harus beresiko terkena pinalti google.

Anonim write.. 11 Desember, 2010 Delete

free backlinks http://mpb-v2.co.tv

Jadwal Sholat write.. 09 Januari, 2011 Delete

Apa menyimpan link di jasa iklan yang gratis juga berpengaruh baik/buruk..tks tas infonya gan...!

salam kenal.

habib write.. 28 Januari, 2011 Delete

salam kenal gan, salam hangat, slam rekat

habib write.. 28 Januari, 2011 Delete

salam kenal gan, salam hangat, salah kasih sayang

tikno write.. 07 Februari, 2011 Delete

lam kenal jua bos??? pemula nih... perlu banyak blajar

asem asem write.. 12 Februari, 2011 Delete

gan link NT udah ada di blog ane tuh..
http://jaretaon.blogspot.com/
silahkan di lihat di sidebar bag kanan > click bag yg paling bawah yah!

berikut code :
<a href="http://www.jareta.name/blog.php/" target="_blank">jareta &#9794;</a>

asem asem write.. 12 Februari, 2011 Delete

gan link NT udah ada di blog ane tuh..
http://jaretaon.blogspot.com/
silahkan di lihat di sidebar bag kanan > click bag yg paling bawah yah!

berikut code :
<a href="http://www.jareta.name/blog.php/" target="_blank">jareta ♂ </a>

╚► Jareta ◄╗ write.. 28 Februari, 2011 Delete

eh gan salah gan..
formtanya ganti bgini yah..?

berikut code :
<a href="http://blog.jareta.name/" target="_blank">jareta ♂ </a>

Peluang Usaha write.. 27 Maret, 2011 Delete

Memang betul mas bahwa kebanyakan dari kita hanya memikirkan backlink tanpa memikirkan hal-hal seperti yang mas tuliskan. Terima kasih sudah berbagi

Deby Irawan write.. 31 Maret, 2011 Delete

Wah bagus nie infonya, thanks ya gan..

niamblog write.. 01 April, 2011 Delete

oke nih tipsnya mantabs buat belajar seo, makasih yah
salam kenal

artikel salah posting write.. 09 Mei, 2011 Delete

buat rekan-rekan blogger, saya pernah baca, katanya banner link kurang disenangi SE karena SE mengira itu gambar, benarkah? ada yang tahu?

seodrakula write.. 29 Mei, 2011 Delete

point nomer dua blom saya terapkkan nich..dapat yg baru tentang tips seo nich di blog ini,sedang point 5 dan 6 dapat saya maklumi buat blog PR tinggi.mksih mas infonya..udah di sedot nich

foredi purwokerto write.. 18 Juli, 2011 Delete

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Shίηόβί™ write.. 22 Juli, 2011 Delete

.sangat bermanfaat sekali ini infonya... :)

foredi gel cilegon write.. 19 September, 2011 Delete

Terima Kasih Tulisan yang sangat membantu,Salam Sukses

foredi gel cimahi write.. 19 September, 2011 Delete

Artikel dan Info yang membangun untuk dapat ide dan Pendapat, Sukses selalu

foredi gel cirebon write.. 19 September, 2011 Delete

Informasi yang berilmu,siap dibaca infonya, Salam sukses

foredi dr boyke write.. 19 September, 2011 Delete

Tulisan yang mengeluarkan ilmu bermanfaat buat digunakan , boleh dicoba. Sukses selalu

Unknown write.. 22 Desember, 2011 Delete

yoi makasih banget infonya

grosir jilbab write.. 26 Januari, 2012 Delete

bagaimana membuat backlink untuk toko jilbabonline gan??apakah bisa langsung seperti ini..maklum newbie:D

Bali Ratih write.. 25 Juli, 2012 Delete

kalo backlink berpengaruh ga sama page rank?

bayu write.. 08 November, 2012 Delete

oh harus oake jeda juga to. baru tau nih.

Jefry write.. 17 Desember, 2012 Delete

backlink terkadang bisa menjerumuskan juga..

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesa write.. 18 Desember, 2012 Delete

Banyak lomba SEO di indonesia sedikit banyak mempengaruhi cara pandang blogger indonesia.saya pernah ikut lomba SEO tingkat dunia namun yang saya heran di pencarian saya nomor satu atau 2 kalau gak salah namun di komputer juri gak nongol sama sekali saya juga heran.padahal kalau pakai sofware free monitor for google saya peringkat 2 tetapi di pengumuman juri gak masuk nominasi sama sekali.saya juga heran

rumahjogja.web.id write.. 24 April, 2013 Delete

saya pernah baca2 bahwa menaruh backlink dengan keyword blog kita adalah kurang bagus utk SEO, apakah itu benar? karena jika terlalu banyak disangka spam

Responsive Blogger Template write.. 09 Mei, 2013 Delete

Mantabs tipsnya mas..thank's ya

abicom write.. 06 Juli, 2013 Delete

makasih atas pencerahannya master. . .

mas aan write.. 06 Juli, 2013 Delete

mantapp!

blog jalur write.. 06 Juli, 2013 Delete

great!

reza write.. 24 November, 2013 Delete

Saya mau tanya jika kita menggunakn sumber baclink yang sama , misalnya backlink A ngebacklink web dummy A juga web utamanya. Sementara dummy ini buat ngebacklink blog utama. Itu gimana pengaruhnya

najib write.. 11 Juni, 2014 Delete

SEO tingkat dunia namun yang saya heran di pencarian saya nomor satu atau 2 kalau gak salah namun di komputer juri gak nongol sama sekali saya juga heran.padahal kalau pakai sofware free monitor for google saya peringkat 2 tetapi di pengumuman juri gak masuk nominasi sama sekali

toni write.. 17 Desember, 2014 Delete

trimakasih gan infonya

jasa floor hardener write.. 26 Agustus, 2015 Delete

Dalam hal memilih website yang melakukan blackhat atau whitehat gimana caranya ya?

dedi haryono write.. 21 Mei, 2016 Delete

I really like this website, Thanks for sharing this information. Keep posting more. [:))]

phytogreen
zell v platinum
sabun herbal
Peluang usaha
zell v phytogreen
zell-v
sabun herbal hawa
Peluang usaha makanan
zell v phytogreen
placenta domba
sabun hawa
Peluang usaha makanan ringan


delta write.. 27 April, 2017 Delete



Ini Kenapa orang-orang Selalu Mengira Saya 10 tahun Lebih Muda KLIK DISINI
phytogreen | zell v platinum plus | zell v phytogreen | zell v | placenta domba | zell v price | zell v placenta | zell v product | cream pemutih |suntik stem cell | plasenta rusa | placenta kosmetik | suntik placenta | produk placenta | zell v gold | kosmetik placenta | zel-v plus | suntik placenta domba | suntik placenta di wajah | pemutih wajah placenta | placenta pemutih wajah |pemutih placenta | terapi stem cell | tanam benang | zell v platinum plus

linksitusfun88 write.. 07 November, 2018 Delete

makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

livehktercepat write.. 07 November, 2018 Delete

bagus bos artikelnya dan sangat menarik

togel4d write.. 07 November, 2018 Delete

mantap sob buat infonya dan salam sukses selalu

pokervita write.. 07 November, 2018 Delete

salam kenal mas dan semoga bertambah sukses

majutoto write.. 11 September, 2019 Delete

sengangat terus ngeblognya mazz..

totojitu write.. 11 September, 2019 Delete

Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
Penasarankan Game nya Seperti apa???
Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

kungfu4d2 write.. 11 September, 2019 Delete

Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

bioskop4d write.. 11 September, 2019 Delete

Menarik sekali, perlu saya coba ini..
kebetulan lagi cara tentang hal ini.

fun88 write.. 11 September, 2019 Delete

keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

Posting Komentar

Spam is not Good for your Body :)

 
© Blogger Tutorial | Powered by Blogger | Valid X/HTML (Home Page)
Framework: Choen Design: Denny
Back To Top