Ngeblog itu Pilihan dan Kebebasan


Ngeblog itu Pilihan dan Kebebasan. Mungkin sedikit mewah ya titlenya, tapi ya sudahlah bingung mau memberi judul apa. Di beberapa artikel sebelumnya ada membahas tentang Etika dalam Berkomentar, namun beberapa waktu ini sekedar berblogwalking ria ke beberapa blog teman menemukan beberapa komentar yang sungguh sangat tidak mengenakkan. Kotak komentar yang sesungguhnya berguna untuk memberikan masukan, kritik dan sanggahan atau setidaknya ucapan terima kasih dan pujuan berubah menjadi ajang hujatan.

Blogger Tutorial
Kebebasan seorang Blogger untuk menuliskan atau menuangkan ide-idenya tidak bisa dibatasi, selama itu bisa di pertanggung jawabkan. Mengenai pendapat pribadi anda atau setidaknya opini lain yang bertentangan itu semua tetap sah-sah saja dan jangan di jadikan suatu paksaan. Bilang saja saya ini masih cinta dengan Blogger Blogspot, karena masih mengandalkan fasilitas gratis yang di berikan oleh blogger walaupun mesin ini mempunyai banyak sekali kekurangan. Tapi disisi lain saya tidak menyalahkan beberapa blogger yang sangat membenci Blogspot dengan karena segala kekurangannya, bagaimana pilihan anda?

Sekarang ini orang awam banyak melihat blog sebagai ajang Bisnis Online, dengan berbagai mimpi meraih uang dengan cara mudah dan singkat. Tapi kita tidak boleh lupa bahwa inti dari blogging adalah aktivitas sharring pengetahuan, berbagi ilmu dan cerita. Ada yang suka ngeblog karena bisa mempunyai teman banyak dan berbagi pengalaman, ada juga yang menggantungkan hidupnya pada blog. Semua itu kembali lagi ke pilihan kemana anda harus memilih sebelum mengawali membuat blog.

Ada juga yang masih ribut dengan masalah design, ada yang suka design dengan simple minimalis sehingga tidak berat dan ada juga yang menggunakan bejibun gambar untuk membuat tampilan blognya terkesan indah dan enak di pandang mata. Ada yang menggunakan beribu-ribu efek scripts yang kurang berguna dan tidak tepat sasaran, disisi lain ada yang meletakkan bagian-bagian widget yang lebih fungsional sehingga memudahkan pengunjung. Sebetulnya ada beberapa tips yang bisa di lakukan oleh pengunjung sehingga dapat mengakses blog dengan cepat dan tidak terganggu oleh image loading yang lama, karena koneksi anda yang berat itu memang sudah nasib ( becanda ).

Sekali lagi Blogging itu Pilihan dan Kebebasan, sehingga apapun artikel yang anda baca jika tidak sesuai dengan opini anda tinggalkan saja. Tapi bila anda rasa itu salah dan patut untuk diluruskan, silakan anda berkomentar dengan mengajukan opini-opini anda.

38 Comments for Ngeblog itu Pilihan dan Kebebasan:

IHSAN write.. 06 April, 2010 Delete

ngeblog itu kebebasan tapi jalinan komunikasi dengan pengunjung dan visitor setia juga perlu, jika mereka menginginkan yang terbaik untuk blo kita, apa salahnya kalau pilihan mereka kita ikuti :D

koemntar an ada juga membuktkan kalau blogger tersebut menjalin diskusi dengan pengunjunnya

Denny write.. 06 April, 2010 Delete

@IHSAN .: cepet banget reply bro :D benar sekali, komentar juga fungsi untuk saling mengingatkan dan memberi masukan. Sering juga ada request artikel yang mungkin bisa kita jadikan artikel selanjutnya :D

Tapi kita ngeblog harus ada pegangan juga si. disini bedanya blogger yang ingin share, dengan blogger yang berorientasi dengan visitor. Kalo yang ingin sekedar share, mereka akan nulis sesuai dengan kata hati tentunya masih tetap memberikan tanggapan pada komentar. sedangkan yang berorientasi pada visitor, mereka (blogger) cenderung akan mengikuti selera pasar atau keinginan para visitornya.

balik lagi pada pilihan :D

ArdianZzZ write.. 06 April, 2010 Delete

Ah...
saya mungkin belum begitu tahu ya apakah benar banyak blogger yang membenci mesin blogspot? mungkin bisa diperjelas lagi info nya..

Jika hal tersebut benar2 ada, berarti telah muncul sebuah hegemoni bari (dalam dunia blog). Jika saya boleh menerka, kebanyakan pembenci blogspot pasti menggunakan WP. Ya, WP memang sangat populer di blogsphere Indonesia. Semua memakai WP, jika ingin tampil pro harus memakai WP dan sebagainya...
tapi itulah subyektivitas..

Yeah, tetapi sekali lagi, jangan menilai buku dari sampulnya, mungkin pendapat tersebut dapat juga diterapkan pada kasus ini. yaitu, jangan menilai kualitas blog dari mesin yang digunakannya heheh..

btw, kalau kita mau cek, sebenarnya banyak sekali mesin (CMS) yang dapat digunakan untuk blogging selain WP. Kalau saya pribadi lebih menyukai textpattern daripada WP.

ardi33 write.. 06 April, 2010 Delete

"ada juga yang menggunakan bejibun gambar untuk membuat tampilan blognya terkesan indah dan enak di pandang mata"
Ntu cocok ma gw waktu dolo, hehe. Skrg nggak lagi dehh, udah sedikit image yg dipasang. Yoi, blog kehidupan kita, kita bebas menuangkan ide-ide, kalau nggak cocok ya jangan dihujat. Apalagi kalau sampai mengejek pakai Anonymous, pengecut dahh. Hehe...

Mutiara Mail write.. 06 April, 2010 Delete

Terkadang koment ke blog lain adalah suatu bentuk pujian sekaligus kagum kepada sang penulis.

Info Investor Area write.. 06 April, 2010 Delete

Nice info and good idea

Informasi Investasi write.. 06 April, 2010 Delete

Artikelnya sangat infomatif kawan dan jangan berhenti untuk menuangkan ide yang bagus. Sekaligus berbagi kepada yang tang lain.

Mita Zone write.. 06 April, 2010 Delete

Mita Zone said nice content, don't stop to blogging.

Denny write.. 06 April, 2010 Delete

@ardi33 .: gua salud ama lu boy.. u masih solid ngeblog sampai sekarang, bahkan artikel yang keluar termasuk beberapa yang fresh. eh ya gua nulis artikel ini pake IE7 Portable, dan hasilnya lebih mudah dari pada harus ngetik manual untuk bold. hehe.. thanks for bocorannya bro.. :D

@all .: mari kita budayakan "BlogREADING" not only "BlogWALKING" its right?

mardee write.. 10 April, 2010 Delete

wah, sudah saatnya diet template nih..


oh iyo, lg kelingan :D
OBLO kie artine Organisasi Bocah Lali Omah yo? hehehe...

*ora nyambung yo ben :p

biyan write.. 10 April, 2010 Delete

Template Gw sudah diet sejak pergantian sebelumnya. Tidak hanya images, bahkan widgetnya gw papas seminim mungkin dengan tujuan untuk mempercepat akses untuk setiap visitor yang masuk dan dengan koneksi seminim apapun.

Masalahnya, setelah dicheck dari traffic counter ku...ternyata visitor tidak bisa bertahan lama di blog ku. Entah mreka waktu tu kebelet cari guessbook atau apa dan tidak mereka temukan di blogku.

Mereka itu mau cari guessbook atau cari informasi? ckkk.

dani write.. 10 April, 2010 Delete

Mas Denny, ini kejadian nyata. Awalnya saya baca-baca tulisan lama Choen. Trus mampir ke ini. Eh ada disebut di sini. Kok ngga ada pingback di dasbor ya? Maaf, baru tahu.

Desain weblog bisa mencerminkan status koneksi Internet pengelolanya? Kan ngga logis kalo saya pasang full ajax sedangkan status fakir bandwidth melekat. :)

Dengan susahnya koneksi, beberapa pengguna berniat berbagi info. Sekadar mengucap terima kasih untuk yang sudah duluan berbagi.

Mengenai pilihan blogspot dan wordpress, kita menghargai keduanya. Apakah keduanya bisa/berniat berubah menjadi lebih baik? Dengan kualitas pengembang yang ada, tentu bisa. Jika mau. Siapa yang tidak mau jika mesin blogspot berubah menjadi lebih mudah diakses oleh difable? Menjadi panutan standar Web seperti yang dianjurkan oleh panduan konten versi Google sendiri. Tapi mungkin, saat ini core bisnis Google belum di sana. Atau memang sudah merasa cukup dengan kondisi saat ini. cmiiw ya

Denny write.. 10 April, 2010 Delete

@mardee .: iyo mas.. cuman kok kadang mleset2 artine :D

@biyan .: iya bro sama kejadiannya. kedua kemungkinan itu masuk akal, bisa karena para gila guestbook bisa juga karena visitor tidak menemukan apa yang dicari. kalo kita biasa pake link external si biasanya bisa pake tambahan target _blank, tapi tentang bahasannya dengan standarisasi mungkin mas dani bisa jelasin ya. itu mengapa banyak blogger yang menekankan di konten dari sekedar usaha2 lainnya untuk mencari visitor, dengan konten yang tepat sasaran tentunya visitor akan betah menikmatinya.

@dani .: hehehe darimanapun thanks dah mampir mas, kalo berhubungan dengan koneksi alhamdulillah dapet saya pake lumayan lah. tapi melihat beberapa loading server luar yang cukup lambat di baca di server indo, jadi berfikir 2x untuk naruh2 image/external js. Sebetule nulis artikel ini secara tiba2 saja pengen gara2 baca komen seseorang di blog seseorang juga.. hehehe.. :D yah tapi semoga berguna juga nih tulisan setidaknya masukan lah.. :D

secangkir teh dan sekerat roti write.. 11 April, 2010 Delete

salam hangat!

blog itu bebas=setuju..!
tapi setidaknya saya masih terikat dari masukan kawan2.. :D

Denny write.. 11 April, 2010 Delete

@secangkir kopi dan sepiring gorengan .: iya betul, semua ide, masukan, hinaan, cacian, tuduhan semua itu malah membuat kita semakin dewasa dan bisa di gunakan untuk instropeksi. tapi kita harus memilah2 juga kan, mana yang sesuai dan ga sesuai. :D

Ardhiansyam write.. 11 April, 2010 Delete

tulisan yang idealis hehehe...

jangan lupa Bhinneka Tunggal Ika :)
blogger (blogspot) mulai berbenah sepertinya, dan menurut saya, arahnya adalah untuk kemudahan penggunanya. Blogger juga bisa dikatakan mulai "memanjakan" penggunanya (seiring dirilisnya editor template pada blogger draft), sehingga pengguna tak perlu memikirkan berbagai macam skrip, cukup fokus pada konten blognya. Bagi sebagian orang kemudahan tersebut dinilai positif, tapi mungkin bagi sebagian lagi berpendapat negatif. Seperti kata Bli Dani, mungkin Google memang memiliki tujuan lain lewat blogger (blogspot) hehehe...

Aditx | Tutorial Blog write.. 14 April, 2010 Delete

saya bangga bisa menjadi blogger yang terus berbagi - dan berbagi dengan sesama blogger ^_^

Hidup blogger ^_^

NanLimo write.. 19 April, 2010 Delete

blogspot adalah cinta pertamaku... takkan mudah untuk melupakannya.. :D

ArdianZzZ write.. 22 April, 2010 Delete

dah ganti font gan?
subyektif:
saran saya pake 16px spasi 24px biar lebih enak dibaca.
jika blogmu 90%+ typography utamakan reading experience pengunjung, Ok

Hendriono write.. 24 April, 2010 Delete

Seorang blogger semakin dicinta semakin menyusahkan, itu mungkin kalimat yang aku tangkap dari seorang blogger professional Indonesia. Dalam artikelnya yang membahas tentang berat dan ringannya loading blog tidak begitu berpengaruh terhadap traffic (jumlah kunjungan) suatu blog, tetapi sayang tidak dijelaskan blog sperti apa yang tetap dikejar, beliau hanya mencontohkan blog-blog senior dan profesional. Jika diambil kesimpulan, bahwa seorang blogger professional tidak perlu memikirkan tentang berat dan ringannya loading blog mereka, toh para pengunjung akan tetap memaksakan diri untuk mengunjunginya... Pernyataan ini bisa saja benar-bisa saja salah, tergantung kondisi, jika ternyata artikel-artikel yang dibuat oleh seorang blogger termasuk kategori unik kreatif dan bermanfaat, kondisi diatas betul. Tapi bagaimana dengan blogger yang dikemudian hari kehilangan kreatifitas... Mati total... Maksud dari komentar ini "marilah kita sama-sama belajar, belajar ngeblog, belajar menghargai, dan masih banyak hal yang belum kita ketahui mengenai blog"SEMANGAT BLOGGER INDONESIA!!! (kaya kampanye hehehe)

Denny write.. 24 April, 2010 Delete

@Hendriono .: hello omz. :hormat:

semua itu ya balik lagi tergantung sudut pandang dan opini seseorang berbeda2, anggap saja kita tidak perduli dengan loading blog ya. saya setuju dengan pernyataan semakin dicinta semakin menyusahkan, ya karena sudah bak selebritis *ketemu dijalan diminta tanda tangan*. dari beberapa blogger yang udah "UP" saya lihat memang begitu, ketika mereka share dihadapkan pada masalah2 seputar fans yang fanatik (di akhiri dengan menghindar).

Cukup miris juga, beberapa kali saya temukan fans yang terlalu fanatik sehingga meniru apa yang diperbuat oleh "sang pujaan hati". ending2nya berakhir dengan google banned dengan alasan duplicate content (kasus blogger). saya sendiri juga mengalami fase2 tersebut ketika mengagung2kan seseorang dan meniru apa yang dia lakukan, semua memang butuh proses untuk menjadi dewasa.

mengenai konten unik dan kreatif, masih sedikit yang bisa saya temukan. tapi at all semua sudah berusaha yang terbaik, kita ngeblog dengan tujuan share informasi dan pengetahuan. Semoga ada perubahan mendasar, mari belajar, mari maju dan berkembang..

Viva Blogger!

mas doyok write.. 24 April, 2010 Delete

makanya mas dheny, saya pernah sangat berhati-hati saat membuat artikel disitu saya katakan
'Simple adalah pilihan' jadi saya tidak mendiskriminasi blog lantas sepi karena berat, namun simple memang sebuah pilihan....

kek isi juga, mau konten unik mau konten bermanfaat kan terserah yang punya :) toh semua punya cara pandang berbeda, punya basic berbeda, punya tujuan berbeda

kalau kata Gus Dur sih
"yang beda jangan dipaksa sama,
dan yang sudah sama jangan dibuat beda"

nah cocok banget sama itu saya...
soal blogspot, ane sudah terlanjur cinta, apalagi ane bukanlah pengincar uang online jadi enjoy enjoy aja :)

Denny write.. 24 April, 2010 Delete

Satu opini lagi yang menurut saya benar mas :)

hmmm, saya ada tambahan ya. mungkin dengan melihat banyak yang protes tentang loading blog, kita jadi lebih kreatif. dalam hal ini kita jadi tertantang untuk membuat blog kita supaya tidak berat, dengan menganalisis kekurangan dan mencoba mencari solusi. dengan begitu kreativitas kita tetap terasah. kadang ide tidak bisa muncul mendadak, tapi dengan adanya masalah, tentunya kita akan berfikir untuk mencari solusi.

Gus Ikhwan write.. 24 April, 2010 Delete

salam sahabat, kunjungan pertama di blog ibni
tampilan purtih yang sangat bagus dan enak di pandang
blogspot adalah kenalan saya ngeblog dans aya ngeblog karena blogspt tapi semenkak 5 akun blogspt saya di banned karena sering saya ikutkan monetize blog maka saya pindah rumah ke wp

mas doyok write.. 24 April, 2010 Delete

tapi jujur mas, soal load, kalau blognya berat saya baca blog itu lewat feed dan terpaksa ndak komen deh :) soalnya juga internet Indonesia ini masih terbatas.... :)

cuma kita jangan menyalahkan yg punya blog
untuk kita sendiri, nggak mau baca yaudah
mau baca ya cari cara :)

kalau utk blog saya pribadi masih milih yg gak berat banget, soal script script diakalain bagaimanapun sampai saat ini saya belum nemu solusi untuk meringankannya yang maknyuss hehehe

Denny write.. 24 April, 2010 Delete

@Gus Ikhwan .: terima kasih untuk kunjungan perdananya :)
iya mas, kebetulan mencoba kembali lagi ke putih dan hitam. mengenai banned yang di alami berapa kawan, semua itu sebaiknya instropeksi kepada pribadi masing2. kira2 apa yang menyebapkan terjadinya banned, misalkan kita tidak menemukan letak kesalahan kita bisa komplain dan saya lihat beberapa berhasil mendapatkan kembali blognya setelah komplain. untuk pindah ke WP masih belum bisa mas kepentok dana, tapi ada beberapa ikut post di WP temen.

@doy .: kalo mengenai nasib menjadi seorang pembaca yang koneksi terbatas, mungkin bisa membaca artikel dari bli dani tentang solusinya.

Firex Santos write.. 24 April, 2010 Delete

keran mas blognya...

ardianzzz write.. 24 April, 2010 Delete

^
'keran'.
Memangnya kepunyaan PDAM ya?
:p

rhega write.. 25 April, 2010 Delete

mantab bo design templatenya...!

wiz write.. 26 April, 2010 Delete

kalo buat saya, dulu pertama kali ngeblog (tahun 2008).. ngeblog adalah pelarian mas Denny.

Pelarian karena di kampus banyak masalah dan terancam drop out, hehehe.. Lalu setelah ngeblog saya jadi ketemu temen-temen lama dan kuliah jadi semangat! Tapi tetep drop out juga...

Denny write.. 26 April, 2010 Delete

@rhe .: allo bero.. :P

@wiz .: mungkin maksudnya mencoba mengalihkan konsentrasi ke blog ya mas, mencoba share yang mungkin tidak bisa dilakukan di dunia nyata? saya dulu juga mengawali blog dengan fase-fase tersebut.

anyway nasib kita sama, drop out :D

Tips Beli Rumah write.. 06 Mei, 2010 Delete

Ngegantungin hidup dari blog emang sudah merupakan mimpi para blogger awam. Namun itu semua banyak kow yang berguguran. Jadi liat aja nanti....

Song Lyric Download write.. 06 Mei, 2010 Delete

Stuju banget gw bos... Ngeblog itu memang sebuah hoby sekaligus jati diri...

Jeprie write.. 24 Mei, 2010 Delete

Buat saya blogging adalah pelatihan menulis buat saya. Makin sering ngeblog makin bertambah skill saya.

Adhie//DesainQu write.. 27 Mei, 2010 Delete

Buat saya, blog adalah untuk ajang sharing segala sesuatu dan juga pelatihan menulis. Eh tau ngga, temen saya punya blog untuk jual cewe ( wkwkwk ). Jadi betul tuh kata penulis, blog itu pilihan dan kebebasan.

yuya indou write.. 23 Juni, 2010 Delete

sambil ngeblog kita juga bisa belajar nulis sekalian,
semangat ngeblog!

visit back ya mas,

http://yuyaindou.blogspot.com
http://melodacomputer.blogspot.com

OBLO write.. 17 Maret, 2011 Delete

Sesama oblo harus kompak.oblo organisasi bocal lali omah atau OBLO organisasi bojo lali omah.kawakakakak

peluang usaha makanan write.. 18 Mei, 2016 Delete

I really like this website, Thanks for sharing this information. Keep posting more. [:))] zell v phytogreen

Nice information, many thanks to the author. It is incomprehensible to me now, but in general, the usefulness and significance is overwhelming. Thanks again and good luck! zell v

OK good to see- interesting blogs are always sweet! Peace. sabun herbal hawa

Nice information, many thanks to the author. It is incomprehensible to me now, but in general, the usefulness and significance is overwhelming. Thanks again and good luck! makanan ringan melinjo

Posting Komentar

Spam is not Good for your Body :)

 
© 2010 Blogger Tutorial | Powered by Blogger | Valid X/HTML (Home Page)
Framework: Choen Design: Denny
Back To Top