Manfaat Jambu Biji Merah


Cuaca saat ini yang tidak menentu berpengaruh buruk pada kesehatan kita. Hujan deras mengguyur bumi tercinta setiap hari, selain berdampak positif hujan juga memberikan dampak negatif pada tubuh kita. Genangan air yang ada di sana sini menjadi sarang bagi jentik-jentik dan kuman penyakit. Dari Demam Berdarah sampai diare banyak kita jumpai akhir-akhir ini, semua itu banyak berawal dari seringnya turun hujan dan kondisi cuaca yang kurang menentu.

Salah satu yang di untungkan adalah para petani jambu biji merah / jambu biji biasa yang terkenal bermanfaat menyembuhkan beberapa macam penyakit. Jambu biji alias jambu kelutuk sendiri memiliki banyak manfaat mulai dari buah, daun hingga batangnya. Melonjaknya komoditas Jambu Biji ini di sebabkan kepercayaan orang-orang yang timbul dari omongan mulut kemulut bahwa jambu ini bisa menyembuhkan penyakit demam berdarah.

Menurut berbagai sumber ekstrak daun dan buah Jambu Biji dapat berguna untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah. Rebusan daun dan sari buahnya pun dapat berguna untuk meningkatkan jumlah Trombosit, sehingga sangat dibutuhkan oleh tubuh.


Para penderita yang sudah positif DBD setelah mengkonsumsi ekstrak buah ini sekitar 500cc dalam sehari dapat meningkatkan pertumbuhan trombosit dalam tempo 8 sampai 48 jam. Menurut penelitian rebusan daun jambu biji juga dapat mencegah perkembangan dari virus DBD ini.

Di masyarakat juga beredar kabar bahwa negara tetangga seperti Thailand, Philipina, Brunei dan China sudah sejak lama menggunakan ekstrak tumbuhan Jambu Biji sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti radang usus besar, menghilangkan infeksi, menyembuhkan diare dan disentri, bermanfaat untuk menghentikan perdarahan. Daun jambu kelutuk muda yang dihaluskan dan diambil airnya, diyakini dapat digunakan sebagai obat luka karena cidera, perdarahan, dan bisul-bisul.

Sejumlah literatur yang membahas tentang penelitian tanaman obat-obatan tradisional menyebutkan jambu klutuk memiliki kandungan zat-zat penyembuh yang lengkap, mulai dari daun, buah hingga bagian batangnya. Buah jambu kelutuk merupakan sumber vitamin C yang tinggi, yakni 6 kali lebih banyak dibandingkan jeruk dan 30 kali lebih banyak dibandingkan pisang. Sungguh mencengangkan fakta yang ada tentang Jambu Biji ini.

Dari hasil penelitian pula disebutkan jambu kelutuk khususnya yang berwarna merah mengandung vitamin A dalam jumlah yang tinggi yakni sekltar 3,1 mg/100 g dibandingkan dengan jambu klutuk yang berwarna putih. Vitamin lain yang terkandung adalah vitamin B-tiamina (B1), riboflavin (B2), asid nikotinik dan asid pantotenik.

Sedangkan manfaat obat-obatan yang terkandung dalam jambu kelutuk karena jenis tanaman ini memiliki kandungan minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guaja vermin, kalsium oksalat dan beberapa vitamin, terutama A, B dan C serta mineral, Penelitian juga menemukan bahwa jambu kelutuk merah mengandungi fosforus, kalsium, besi, kalium, dan natrium.

Buah jambu batu mengandung 74-87% kelembapan, 13-26% bahan kering, 0.5-1% abu, 0.4-0.7% lemak mentah, dan 0.8-1,5% protein mentah, Khusus bagian daunnya diperkirakan mengandung hingga 9% eutenol dan 3% damar. Seduhan antara campuran daun jambu biji dengan daun sirih, banyak dimanfaatkan oleh kaum ibu untuk membersihkan bagian kewanitaan agar tidak gatal-gatal karena bakteri dan jamur, Sedangkan Akar dan kulit batangnya bermanfaat sebagai obat diare dan gastroenteritis atau penyakit radang selaput lendir lambung dan usus terutama pada anak-anak. Batangnya banyak digunakan sebagai obat sariawan.

Di pasaran dalam negeri saat ini memiliki dua jenis varian yakni jambu Bangkok dan jambu kelutuk lokal. Khusus jambu kelutuk lokal, juga dikenal dua jenis yakni jambu kelutuk berdaging buah putih dan merah. Yang berdaging putih, dikenal sebagai jambu susu putih. Jenis ini digemari karena rasanya manis, daging buahnya agak tebal, dan teksturnya lembut, Sedangkan yang berdaging buah merah, lebih laku di pasar karena selain rasanya yang manis asam memiliki kandungan gizi dan manfaat obat-obatan yang tinggi.

Mengingat khasiatnya yang begitu besar, tak ada salahnya jika kita memanfaatkan lahan-lahan kosong yang ada untuk tanaman jambu biji ini. Apalagi, jambu kelutuk dapat tumbuh di dataran rendah seperti kawasan pantai sampai dataran tinggi dengan berketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut. (kipsaint)

26 Comments for Manfaat Jambu Biji Merah:

Anonim write.. 24 Desember, 2008 Delete

helo semua klo da komentar yg gak bags jg dibaca ok seperti ni contohnya ok http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/21.gif

estina write.. 12 Mei, 2009 Delete

makasi infonya :D

Anonim write.. 24 Agustus, 2009 Delete

Terima kasih, infonya bagus. Tapi mohon juga disertakan kalau ada cara penyajian, misal cara membuat jusnya.

jeng chusnul write.. 14 Desember, 2009 Delete

Trims infonya, kami jadi tahu lebih banyak manfaatnya. Insyaallah kami akan sering mengkonsumsinya.

Endra "killa" write.. 16 Februari, 2010 Delete

Thanks infonya, mudah2an bisa bermanfaat bagi siapa saja yang baca.

mahmudah write.. 22 Maret, 2010 Delete

shofiatun ni'mah
terimakasih atas informasinya mudah2an bisa menyembuhkan penyakit orang yang membaca sekilas manfa'at jambu biji ini. Kalau gitu aku akan sering2 makan jambu biji ini deh, mumpung aku masih punya tanamannya dikebun dekat dengan rumah aku malah sampaiber sampingan dengan rumah aku

harryrebon write.. 10 April, 2010 Delete

Makasih banget infonya semoga bermanfaat.

arjuna write.. 19 April, 2010 Delete

aku butuh jambu biji merah 500 kg/ minggu dan kontiniu aku berada di propinsi jambi bagi yang berminat hubungi aku di 085273928880 atas nama bapak roy

melia nature write.. 09 Mei, 2010 Delete

baru tahu banyak banget manfaat jambu ya ternyata

Tira Soekardi write.. 19 Mei, 2010 Delete

Memang buah-buahan banyak menagndung vitamin dan mineral. Walau tubuh butuh dlmjml sedikit tetep hrs ada vit dan mineral yg masuk ke dlm tubuh.

chekizt write.. 20 Mei, 2010 Delete

wow..bnyk banget manfaatnya,tapi bijinya bahaya banget ga sih?

GAPENSI KOTA BANJAR write.. 01 Juni, 2010 Delete

terima kasih atas infonya ya mas ^_^
salam kenal:
"Arip Nurahman"

asdilman write.. 10 Juni, 2010 Delete

arjuna saya juga ya

Anonim write.. 13 Agustus, 2010 Delete

saya siap menyuplai jambu biji merah 1000 kg/minggu.hubungi 085881279828

Unknown write.. 07 September, 2010 Delete

aku nembe wae nandur, mugo2 dadi rejeki..

Mr Riora write.. 15 November, 2010 Delete

http://www.ceritariora.blogspot.com/

warda write.. 22 Januari, 2011 Delete

saya dengar ada saingan dari jambu biji merah ini dengan daun ketela rambat dalam perlawanan dari penyakit demam berdara. lalu menurut anda bagaimana dengan khasiat daun ketela rambat?

Unknown write.. 29 Januari, 2011 Delete

SEBELUMNYA TERIMA KASIH BNYK ATAS INFO NYA, NAMUN SAYANG SAYA TIDAK TAU CARA BAGAIMANA MENANAM NYA...ADAKAH REKAN2 YG BISA BERBAGI CARA MENANAM BUAH JAMBU BIJI MERAH INI...
TQ, fr: edwin_khow@yahoo.co.id

Anonim write.. 13 Februari, 2011 Delete

JUS JAMBU BIJI BUAH DIKUPAS TERUS DIBLENDER DAN SARING BIJINYA

I Nyoman Warnata write.. 09 Juni, 2011 Delete

ternyata Tuhan telah ciptakan sgl Obat,tq infonya

Anonim write.. 18 Agustus, 2011 Delete

thanks

pepaya, mangga, jambu biji merah write.. 02 November, 2011 Delete

terima kasih infonya gan.
Jika perlu buah ini, di tempatku banyak jambu merah

dewi write.. 28 November, 2011 Delete

terimakasih infonya,,,

yati write.. 29 November, 2011 Delete

makasih atas infonya, sangat bermanfaat
salam
http://www.dbcn.info

Obat Herbal Stroke write.. 05 Desember, 2011 Delete

Informasi yang bagus nih,,patut di coba,,,
makasih..

obat tradisional sakit pinggang write.. 17 Juli, 2013 Delete

terimakasih banyak gan. infonya sangat bermanfaat nih.

Posting Komentar

Spam is not Good for your Body :)

 
© Blogger Tutorial | Powered by Blogger | Valid X/HTML (Home Page)
Framework: Choen Design: Denny
Back To Top