Pancaran Sinar Petromaks ( PSP )



Mungkin bagi anak zaman sekarang nama OM PSP tidak familiar, malah bisa di kira Play Station Portable. Salah besar, PSP kepanjangan dari Pancaran Sinar Petromaks. Band ini trends di tahun 70an dan menjadi kesukaan ABG pada zaman itu. Perpaduan yang harmonis dari Dangdut yang di padukan dengan Parodi Humor cukup menarik minat mahasiswa pada era itu.

Nama lengkap Band ini adalah Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks, yang lebih dikenal dengan OM PSP. Group ini membuat plesetan-plesetan indah yang dirangkai dalam lagu. Sekarang banyak bermunculan band-band parodi dan humor semacam itu, bisa dibilang OM PSP ini adalah pelopor dan pencetus ide band humor.

Tidak main-main band ini di gawangi oleh personil yang berkualitas, baik akademis maupun dari segi musik. Ini terbukti dari tempat dimana mereka kuliah yaitu Universitas Indonesia yang terletak di Rawamangun Jakarta. Rojali, Monis, James F. Sundah, Didin, Aditya, Ade, dan beberapa personil band berjibaku untuk mempopulerkan band humor. Tidak sia-sia usaha mereka, karena sampai sekarang kenangan OM PSP masih banyak mempunyai penggemar. Karena selain berupa plesetan, lirik lagu mereka juga merupakan sindiran cerdas yang menyorot keadaan sosial masyarakat saat itu.

Lagu lagunya pun cukup populer sampai saat ini, diantaranya My Bonnie, Can't Buy me Love ( The Beatles ), Siksa Kubur, Fatime, Drakula, Cubit-cubitan, dll. Bagi yang ingin mencari lagu-lagu ciptaan OM PSP dan beberapa band humor lama bisa menuju web om Irwan untuk mencari link Downloadnya.

Sumber: http://molly.rhehost.com | http://irwan.net

4 Comments for Pancaran Sinar Petromaks ( PSP ):

joe write.. 16 Mei, 2009 Delete

Dulu banyak sekali OM (orkes moral), seperti OM PMR (Pengantar Minum Racun), OM Korban Lelaki, OM Rindu Order dll, yang biasanya membawakan lagu-lagu jenaka atau plesetan lagu-lagu orang ...

Denny write.. 16 Mei, 2009 Delete

@mas joe. saya yakin mas joe lebih paham hal ini, saya cuman pengen mengenalkan mereka biar ga tenggelam di telan zaman.

Belajarlah dari masa lalu :)

Anonim write.. 14 Agustus, 2009 Delete

psp itu bukan anak ui tapi anak unj

Abu Ayaz write.. 09 Januari, 2014 Delete

Misi gan, mau ikutan komen..
Kalau mau download banyolan plus lagu dari Group PSP (Pancaran Sinar Petromaks) Full Album (tahun 1979) yg isinya udah di urutin mana yg obrolan/banyolan dan mana yg lagu,

terus, urutannya juga gak dirubah (sesuai aslinya),
maka bisa download di marih (ukuran 39mb, rar file berisi mp3 file) :

http://www.4shared.com/rar/CXSweFWWce/PSP_1979_Full_Album.html

Posting Komentar

Spam is not Good for your Body :)

 
© 2010 Blogger Tutorial | Powered by Blogger | Valid X/HTML (Home Page)
Framework: Choen Design: Denny
Back To Top