Rasa Ingin Tahu


Rasa ingin tahu. Sebagai makhluk Tuhan yang paling tinggi derajatnya dan makhluk yang di karuniai akal dan pikiran manusia memiliki kemampuan untuk berkembang. Utuk itu manusia memiliki rasa ingin tahu, rasa itu hadir dengan alami tanpa adanya latihan atau rangsangan. Rasa ingin tahu yang kita bahas kali ini adalah rasa yang global dan bersifat menyeluruh. Dari rasa ini kita sebagai mempunyai kecenderungan untuk mencoba sesuatu yang membuat penasaran sehingga rasa penasaran itu hilang dan memperoleh kepuasan pribadi karena mengetahui hal yang sebelumnya tidak kita ketahui.

albert einstein
Dalam kehidupan sehari-hari rasa ingin tahu mempunyai dua sisi, sisi baik dan sisi buruk. Dimana kedua sisi tersebut dapat di atur oleh masing-masing individu kita sehingga tidak terjadi sesuatu yang buruk menimpa kita saat mencari pengetahuan. Dalam sejarah banyak tercatat para penemu-penemu seperti albert einstein membuat ciptaan-ciptaannya dari rasa ingin tahu. Kita sekolah dan mencari ilmu juga untuk melatih kemampuan diri kita untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih, dalam hal ini itu merupakan rasa ingin tahu yang termasuk dalam sisi baik. Namun beberapa orang yang terlalu tinggi rasa ingin tahunya sehingga membuatnya seperti kecanduan yang dapat menyebapkan masalah yang besar bagi dirinya. Beberapa contoh kasus yang kita temui dewasa ini, masalah narkoba kebanyakan adalah didorong oleh rasa ingin tahu yang berlebihan sehingga orang tersebut rela menggunakan dirinya sebagai percobaan akan rasa ingin tahunya tersebut.

Untuk mengatur hal tersebut harus ada keseimbangan antara rasa ingin tahu dan pengetahuan yang mendukung tentang hal-hal tersebut. Kita perlu mencari informasi yang mendukung tentang rasa penasaran kita terhadap sesuatu dan memikirkannya dengan dingin sehingga bisa mencegah kita terjerumus dalam hal-hal buruk. Rasa ingin tahu akan seks juga membuat kita terjebak dengan masalah-masalah yang pasti merugikan diri kita sendiri. Ada beberapa hal yang memang kita harus mengetahuinya, tapi cukup sebatas mengetahui tanpa melakukannya karena kita tentu tidak mau menanggung akibat buruknya.

Hal yang paling berat dalam menghadapi hidup adalah melawan diri sendiri, melawan diri sendiri ketika mengalami rasa ingin tahu akan sesuatu. Berfikir sejenak sebelum melakukan suatu hal dapat menjadi senjata ampuh untuk melawan rasa ingin tahu yang berlebihan, sehingga kita bisa mengontrol hal-hal buruk yang akan menimpa kita. Terlebih lagi jika kita bisa mengambil sisi positif dari rasa ingin tahu tersebut sehingga kita mungkin bisa menemukan sesuatu yang bisa berguna bagi khalayak banyak.

Sedikit renungan untuk mengontrol rasa ingin tahu:
1. Berfikirlah dengan kepala dingin ketika menghadapi rasa penasaran
2. Pertimbangkan sisi baik buruknya suatu tindakan terhadap diri kita maupun kepada orang lain
3. Dalam hidup usahakan kita mengontrol pikiran kita, bukan pikiran yang mengontrol kita
4. Carilah informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan rasa penasaran kita
5. Jangan menggunakan diri kita sebagai bahan percobaan dalam rasa penasaran itu
6. Ingatlah bahwa segala tindakan kita akan ada karmanya dan juga di catat untuk di pertanggungjawabkan kelak

Kesimpulannya, jangan gunakan emosi untuk menyelesaikan rasa ingin tahu. Karena rasa ingin tahu bisa menghasilkan, tapi juga bisa merugikan.

1 Comments:

Jefry write.. 17 Desember, 2012 Delete

pakai otak dan pikiran layaknya Alberth Einsteins

Posting Komentar

Spam is not Good for your Body :)

 
© 2010 Blogger Tutorial | Powered by Blogger | Valid X/HTML (Home Page)
Framework: Choen Design: Denny
Back To Top