Report Uji Kompetensi


Report Uji Kompetensi. Beberapa waktu yang lalu tepatnya hari Senin 4 mei 2009, saya di minta bantuan oleh seorang teman dari cimed untuk memberi uji kompetensi di SMK Tunas Harapan Pati. Baru pertama kalinya saya mendapatkan job yang seperti ini, sangat formal sekali sehingga saya sangat gugup dalam menjalani hari pertama. Namun karena suasana sekolah yang cukup bersahabat dan guru-guru yang bisa di ajak kerjasama membuat suasana kerja menjadi nyaman dan semua dapat berjalan lancar.

Uji kompetensi yang berlangsung selama 3 hari tersebut perharinya terbagi menjadi 3 kelas dan masing-masing kelas di isi oleh 10 orang. Bahan soal ujian cukup sederhana karena selama ini mereka hanya mendapatkan materi tertentu yang bisa di ajarkan di SMK. Soal yang diberikan antara lain:
  • Bios Setting.
  • Linux Debian Installation.
  • Webmail.
  • Wireless Setting.
  • Networking.
Beberapa soal yang sudah di buat oleh Mas Bayu memang sedikit membingungkan para siswa, namun secara keseluruhan penguasaan materi sudah cukup. Masalah yang terjadi hanya karena kurangnya pemahaman materi sehingga jika terjadi sedikit perubahan maka siswa akan bingung. Memang ada beberapa siswa yang menonjol dalam penguasaan materi, bahkan ada salah satu siswa unggulan yang di beri soal tambahan karena dirasa soal yang terlalu mudah.

SMK Tunas Harapan Pati
Secara menyeluruh SMK Tunas Harapan memang berbeda dari SMK/STM lainyang saya tahu, murid-murid disana di ajarkan untuk berperilaku sopan dan berusaha bekerja mandiri. Fasilitas yang ada dalam sekolah tersebut juga bagi saya sangat memadahi sebagai salah satu sekolah swasta. Bagi anda yang mempunyai anak dan ingin menyekolahkan anaknya di STM/SMK di daerah Pati, SMK Tunas Harapan bisa menjadi alternatif diluar SMK Negeri yang ada.

Sekian sedikit ulasan tentang Uji Kompetensi selama 3 hari di SMK Tunas Harapan Pati.

7 Comments for Report Uji Kompetensi:

Kompi88 write.. 10 Mei, 2009 Delete

Wah kren dong kalo dapat Job untuk memberi Uji Komptensi, itu artinya kemampuan anda sudah diakui kawan. Salut buat Anda...!

Kompi88 write.. 10 Mei, 2009 Delete

Jika berbicara uji komptensi sebenarnya yang diuji itu adalah skill dari peserta yang mengikuti ujian tersebut. Kalo bisa ujian yang bersipat teori prosentasi diusahakan seminimal mungkin agar kemampuannya betul-betul aplikatif. Bagaimana?

negeri hijau write.. 10 Mei, 2009 Delete

bagus juga sih ada tes, tapi jangan sampai merepotkan

Denny write.. 10 Mei, 2009 Delete

@kompi88 bukan kemampuan saya mas, tapi kemampuan team, hehehe kalo saya tidak bisa apa2. Untuk saran masnya boleh juga, tetapi untuk sekelas SMK ( bukan meremehkan ) para siswa kurang bisa mandiri dalam melakukan tugas, mereka cenderung mengacu pada apa yang di katakan guru tanpa bisa berexperimen sendiri.

@negerihijau test ini sebenarnya hanya sebuah tolak ukur sampai dimana kemampuan mereka, namun ujian sebenarnya ada pada saat mereka ada di lapangan dan di hadapkan pada banyak masalah

harry seenthing write.. 11 Mei, 2009 Delete

wow keren nih ada test nya

Muba write.. 11 Mei, 2009 Delete

Salam Kenal. Thanks dah berkunjung Mz.....
Boleh kan berkunjung sering" buat sharing???

irmasenjaque write.. 11 Mei, 2009 Delete

met sore....nice blog teman
salam kenal ya....

Posting Komentar

Spam is not Good for your Body :)

 
© 2010 Blogger Tutorial | Powered by Blogger | Valid X/HTML (Home Page)
Framework: Choen Design: Denny
Back To Top