Tips Pengendara Motor


Tips Pengendara Motor. Sebagai seseorang yang mengaku sebagai bikers saya banyak melewati perjalanan tentunya bersama kendaraan roda dua. Tentunya resiko sebagai pengendara roda dua lebih besar dibandingkan dengan para pengguna roda empat atau lebih, apalagi kondisi jalan sekarang ini yang semakin mengenaskan.

Tadi sore sebelum saya menulis postingan ini ada ibu-ibu paruh baya ditabrak pengendara motor lain hanya karena sang ibu mengerem mendadak menghindari lubang yang menurut saya tidak terlalu besar. Alhasil si ibu terkapar dan tidak bergerak, sehingga beberapa pengendara motor lainnya berhenti untuk memberikan pertolongan maupun hanya sekedar melihat-lihat. Kejadian tersebut tentunya pernah terjadi pada anda, namun keberuntungan berada di pihak anda karena tidak ada kendaraan lain dari belakang yang menabrak anda.

Kecelakaan Motor
Disini akan saya berikan sedikit tips acak berdasarkan pengalaman pribadi mengenai tips mengendarai motor di jalan berlubang maupun di jalan yang sedang dalam perbaikan.
  • Jangan menyalip kendaraan besar ( truck, bus ) di jalan yang rusak karena anda tidak bisa mengetahui kondisi jalan di depan anda yang tertutup oleh badan truck atau bus tersebut. Pastikan kondisi dari arah depan aman dan tidak ada lubang besar yang bisa menggoyahkan keseimbangan anda.
  • Nyalakan selalu lampu depan ( utama ) anda ketika melakukan perjalanan jauh dan gunakan lampu sein sebagai tanda akan menyalip kendaraan lain.
  • Jangan menggunakan rem depan terlalu mendadak ketika anda menghindari atau melewati lubang karena anda akan kehilangan keseimbangan. Selain itu penggunaan rem depan mendadak ketika melewati lubang dapat mengurangi ground shockbeker sehingga bisa menyebapkan patah pada as shockbeker.
  • Jangan melewati jalan yang sedang dalam perbaikan dan berpasir dengan kecepatan tinggi karena dapat menyebapkan hilang keseimbangan dan terjatuh.
  • Bersabarlah ketika anda terjebak dalam kemacetan karena tindakan bodoh bisa menyebapkan kemacetan lebih parah atau bahkan kecelakaan.
  • Periksalah keadaan kendaraan anda ( tekanan ban, bensin, rem dan lampu-lampu ) sebelum anda berkendara.
  • Jangan mengendarai kendaraan dalam keadaan mabok dan beristirahatlah saat anda lelah dalam perjalanan atau mengantuk.
Bila ada teman-teman yang mau menambahkan silahkan meninggalkan comments di bawah. Demikian sedikit tips dari saya untuk para bikers yang suka berkendara jarak jauh, semoga berguna.

0 Comments for Tips Pengendara Motor:

Posting Komentar

Spam is not Good for your Body :)

 
© 2010 Blogger Tutorial | Powered by Blogger | Valid X/HTML (Home Page)
Framework: Choen Design: Denny
Back To Top