Waspada Kemajuan Tekhnologi


Waspada Kemajuan Tekhnologi. Kemajuan ilmu pengetahuan memang banyak membantu kita dalam kehidupan sehari-hari, namun kemajuan itu sendiri membawa dampak negatif bagi kehidupan kita. Sekarang kita sudah tidak membutuhkan surat untuk menyampaikan kabar, sekarang sudah ada email yang bisa sampai ke seluruh dunia hanya dalam hitungan detik. Dengan adanya kemajuan di bidang tekhnologi membuat banyak lapangan pekerjaan baru, tetapi banyak juga yang kehilangan pekerjaan atau perusahaannya gulung tikar.

Kecepatan informasi sekarang ini membuat semakin berkembangnya kemampuan manusia untuk berinteraksi dan mengetahui berita dengan cepat. Hal ini menyebapkan kita harus berhati-hati dalam melakukan sesuatu, khususnya di dunia maya. Kemajuan tekhnologi yang tidak terkontrol membuat adanya kelemahan dari suatu program yang akhirnya di manfaatkan oleh tangan-tangan jahil sehingga mengakibatkan kerugian pada beberapa pihak. Sebut saja kamera ponsel dan kamera digital yang menggunakan memory external sekarang ini berkembang pesat dan merupakan produk yang laku keras di pasaran. Namun penggunaan yang kurang berhati-hati bisa menyebapkan kerugian yang tidak kita pikirkan sebelumnya. Adanya foto-foto fulgar maupun video porno yang berasal dari kamera amatir sebetulnya merupakan tingkah laku tangan-tangan jahil yang berusaha mencuri data pribadi yang sebetulnya bukan untuk konsumsi umum.

Video Mesum
Kita tentunya masih ingat kasus alm sukma ayu dan b'jah yang membuat heboh masyarakat pada waktu itu. Video yang sebetulnya menjadi koleksi pribadi bisa menajadi konsumsi umum karena kesalahan kecil yang mungkin tidak di sadari keduanya. Yang lagi hangat-hangatnya adalah video mesum Wulan Guritno dan Ananda Mikola yang telah beredar di internet, namun video itu masih merupakan indikasi belum bisa di buktikan kebenarannya. Walaupun keduanya tidak mengakui adanya video tersebut, namun disini masyarakat yang menilai benar tidaknya dan itu bisa berakibat negatif bagi karir mereka. Semoga dalam melakukan aktivitas yang untuk konsumsi pribadi kita bisa lebih berhati-hati sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Sedikit tips mencegah pencurian file pribadi:
  1. Berhati-hatilah dalam menyimpan file dalam bentuk apapun ( hapus file setelah tidak di gunakan ).
  2. Jagalah password email atau login apapun ( pastikan sudah logout ketika online di warnet / share komputer dan pastikan hapus semua cookies ).
  3. Berilah password untuk flash memory untuk file-file pribadi ( mencegah ketika kita kehilangan flash memory tersebut ).
  4. Ketika anda menjual ponsel sebaiknya anda pastikan bahwa file pribadi anda sudah hilang ( sebaiknya flash memory tidak ikut di jual ).
  5. Bila anda orang yang mampu sebaiknya anda memakai notebook pribadi.
  6. Dan yang terakhir, selalu awasi file anda takutnya ada tangan-tangan jahil yang mencurinya :)
Saya sendiri merupakan orang yang suka akan photography dan semua hal yang berhubungan dengan art termasuk art nuding, namun untuk yang satu ini saya tidak berani untuk melakukan penyebaran tanpa izin dari orang yang bersangkutan. Selama tujuh tahun ini saya berkecimpung di dunia internet khususnya sekitar warnet, banyak saya jumpai adanya video-video mesum yang memamerkan adegan tidak senonoh dari beberapa pasangan. Namun di balik itu saya juga merasa kasihan karena sebagian besar yang di ekspose adalah pihak wanita, dalam hal ini karena memang pencari video mesum adalah kebanyakan kaum lelaki. Semoga dengan adanya UU APP dan UU yang membahas tentang cyber crime bisa membuat jera orang-orang yang tidak bertanggung jawab dalam penyebaran video pribadi tersebut.

Semua kembali pada diri kita sendiri, kalau kita bisa waspada dan selalu berhati-hati dalam melakukan segala tindakan tentunya hal seperti ini tidak perlu terjadi.

12 Comments for Waspada Kemajuan Tekhnologi:

MUBAROK write.. 11 Mei, 2009 Delete

Waduh ck...ck....
Yang salah tuh teknologinya pa orang yg pake ya....:D

Uke Poet write.. 12 Mei, 2009 Delete

ho oh.. kemajuan teknologi sering disalahgunakan oleh orang2 gak benar.

Seno Rasca write.. 12 Mei, 2009 Delete

smakin canggih, penggunanya semakin berbahaya. Apalagi kalau berbau mesum :))

k write.. 12 Mei, 2009 Delete

Blog walking...

thanks for your information i like it so much..And i hope you can up to date you information every day

visit our bog in Myokezone

franky write.. 12 Mei, 2009 Delete

Itulah teknologi pasti ada plus/minusnya, disatu sisi bermanfaat dan sisi lain bisa merugikan.

Goo_blog write.. 12 Mei, 2009 Delete

met kenal jg mas...saya salah satu orang yang masih pakek hp jadul jadi aman

Lalu Abdul Aziz MhD write.. 12 Mei, 2009 Delete

Memang beberapa bagian dari kemajuan teknologi harus di waspadai dampak negatifnya. Namun dari sekian banyak dampak negatif itu tentu lebih banyak sisi positif yang bisa kita ambil jika kita menggunakan Teknologi itu secara cerdas dan bermoral. Banyaknya beredar video ataupun gambar mesum di internet adalah contoh penggunaan teknologi yang tidak cerdas dan bermoral.

Denny write.. 12 Mei, 2009 Delete

@all Memang benar semua tergantung dari individu pengguna tekhnologi itu sendiri, tapi ya semua tetep waspada saja. toh ga ada salahnya juga waspada :D

@goo_blog pake hp jadul, tapi pake komputer kan?

negeri hijau write.. 12 Mei, 2009 Delete

makanya, semuanya itu harus di filter baik-baik.

thanks infonya bro

Seno Rasca write.. 13 Mei, 2009 Delete

mampir lagi bro... blogmu dah aku link...
ko ga ada shoutmixnya ya? biar rame lho...

mas wawan write.. 13 Mei, 2009 Delete

Artikel yang menarik, cerdas dan mencerdaskan. Gak rugi mampir kesini banyak ilmu dan pengetahuan yang diperoleh. Ditunggu postingan berikutnya. Terus berkarya dan…. TETAP SEMANGAT !, Sukses untuk kita semua.

daniel write.. 14 Mei, 2009 Delete

wahh...teknologi gak akan termakan oleh waktu... :-)

Posting Komentar

Spam is not Good for your Body :)

 
© 2010 Blogger Tutorial | Powered by Blogger | Valid X/HTML (Home Page)
Framework: Choen Design: Denny
Back To Top