Blogger Angkat Bicara


Blogger Angkat Bicara. Akhir-akhir ini banyak di bicarakan masalah kelemahan blogger dan kebijaksanaan baru blogger blogspot yang sedikit lebih mengikat. Walaupun begitu blogger juga meningkatkan kwalitasnya sebagai penyedia layanan gratis blog dengan menambahkan sejumlah fitur seperti Blogger Template Designer. Diluar itu banyak pula yang telah menggunakan mesin blogger sedemikian rupa pada blognya sehingga dapat di gunakan secara maksimal dengan design template yang jauh dari template default blogger.

Blogger Tutorial
Beberapa blog tersebut di edit sedemikian rupa bahkan dengan melakukan custom domain, sehingga jauh dari kesan template monoton blogger. Beberapa diantara blog-blog yang saya rasa patut untuk di contoh dalam template maupun konten.

Indonesia.
Cebong-ipiet

Blogger
Blogger wanita asli jawa ini menghadirkan design-design ringan dengan gaya khas wanita dengan target pasar ibu-ibu muda dan beberapa kalangan lain. Cukup aktiv di lingkungan blogger dan juga melirik beberapa target bisnis online, di beberapa blognya cebong panggilan akrabnya ini juga memberikan jasa design dan tutorial-tutorial ringan seputar blogger.

Deconstruction Code

blogger
Seorang web designer yang masih misterius karena tidak mau menunjukan identitasnya. Walaupun sekarang dia sudah menyatakan lepas dari blogger, namun tidak ada salahnya anda mengunjungi blog ini. Disini dia membahas perubahan yang cukup besar pada blogger, salah satu yang paling hebat adalah penggunaan template clasic dengan HTML 5 dan CSS 3 serta penggunaan template Valid XHTML. Selain itu beberapa tutorial hack serta penerapan jQuery serta Mootools ada didalam blog dengan nickname Choen ini.

Modification Blogs

Blogger
Sebetulnya saya sudah lama mengetahui blogger satu ini, namun karena kurang mengikuti jadi ketinggalan banyak. Blog yang tampil dengan mengaplikasikan template dari kreasi.at yang sudah di convert ke blogger tampak sangat canggih dengan beberapa sentuhan jQuery. Artikel-artikel yang disuguhkan cukup berbeda, dari design template premium yang di convert ke blogger ada juga beberapa artikel jQuery serta penerapannya pada blogger.

Kang Rohman

Blogger
Siapa yang tidak mengenal blogger yang satu ini, dengan menampilkan artikel-artikel ringan seputar modifikasi blog beliau mendapatkan banyak penggemar setia yang menunggu untuk adanya update artikel. Kang Rohman sendiri memang mendedikasikan hidupnya untuk menjadi blogger dan juga berbisnis online melalui blog. Selain tutorial beliau juga membuat beberapa template yang banyak diminati oleh para blogger.

OOM

blogger
Seperti Kang Rohman, oom yang bernama asli Agus R ini mempunyai popularitas yang tinggi. Itu tidak lepas dari blognya yang berisi artikel ringan seputar modifikasi blog serta beberapa template yang di ciptakannya. Blog OBLO dulu juga menggunakan frameworks dari template elegant yang di buat oleh oom.

Abu Farhan

blogger
Siapa abu farhan? walaupun dia tidak menggunakan blogger untuk blognya namun dia memberikan beberapa kontribusi bukan hanya di Indonesia, bahkan namanya sudah terkenal di kalangan blogger dunia. Dia membuat widget-widget dengan menggunakan keahliannya di bidang javascripts sehingga memberikan sentuhan-sentuhan baru pada widget blogger.

Internasional
Bloggerbuster

Blogger
Bloggerbuster besutan Amanda ini banyak menjadi sumber dari blogger-blogger dunia dalam membuat artikel. Amanda adalah seorang yang sangat aktiv di dunia blogger blogspot dengan memberikan beberapa kontribusi pada blogger team.

Bloggerplugins

Blogger
Blogger yang bernama anneesh ini adalah blogger yang cukup banyak membuat widget-widget baru untuk memberi variasi pada template blogger. Walau tampilan blognya cukup sederhana, namun banyak keistimewaan yang telah diberikan oleh anneesh untuk template blogger.

Bloggertuts

Blogger
Bloggertuts adalah blog yang memberikan artikel-artikel tutorial menarik seputar blogger yang ditulis oleh beberapa orang dalam satu team dan salah satunya dari indonesia. Karena di isi oleh beberapa master blogger, tentunya artikel yang disuguhkan cukup lengkap dan variatif.

Dante Araujo

Blogger
Salah satu kontributor dari Bloggertuts, dante sangat ahli dalam memodifikasi template blogs. Beberapa template hasil ciptaannya dijadikan frameworks untuk beberapa template lain.

Be-insight

Blogger
Bagi blogger indonesia sepertinya membutuhkan translator kalo membaca artikel di blog ini, karena bahasa yang digunakan bukan bahasa inggris. Namun artikel-artikelnya cukup menarik dan juga menyediakan beberapa design template blogger yang lain daripada yang lain. Salah satunya adalah Antagonist Blogger Template.

Itu beberapa blog blogger yang cukup istimewa bagi saya yang bisa saya referensikan, mungkin ada beberapa yang mau menambahkan. Mungkin ada beberapa blog lain yang belum tertulis disini, karena keterbatasan ingatan jadi harap menjadi maklum adanya.

Bonus: template baru saya di Apriliyanto dot Com

Blogger Tutorial


20 Comments for Blogger Angkat Bicara:

ardianzzz write.. 20 Maret, 2010 Delete

Saya menggunakan mesin blogger untuk membuat blogazine, (sampe tulisan ini masih belum final :). memang sedikit maksa tetapi bisa. dengan menggunakan CSS conditional & jQuery hal tersebut bisa dilakukan di Blogger..

yg belum kesampean adalah mengedit comment form blogger...
kapan ya

Denny write.. 20 Maret, 2010 Delete

walah bro ardianzzz.. itu juga mimpi saya bro, semoga bisa jadi kenyataan. dimana tampilan comment itu jadi lebih valid atau setidak2nya ada bagian reply comment lah.

ada beberapa addons scripts seperti disqus yang bisa di aplikasikan, tapi balik lagi blogger sudah tidak valid dari mesinnya apalagi pada susunan urlnya yang masih menggunakan & code

kita tunggu aja pembenahannya..

bolang write.. 20 Maret, 2010 Delete

Saya mau nambahin aja mas :)
bloggerstop.net, mybloggertricks.com.

Sekalian mau tanya, gimana caranya untuk membuat navigasi blogger jadi valid? coz saya udah coba hilangkan "nextprev"-nya lalu pake page navigation dari abu-farhan malah gak keluar navigasinya...

Template blogger saya sudah hampir valid, hanya itu saja masalahnya mas :D

Oh iya, terima kasih sebelumnya :)

Denny write.. 21 Maret, 2010 Delete

@bolang .: Ini saya pake page navigation dari mas abu yang versi terakhir mas http://www.abu-farhan.com/2009/12/numbered-page-navigation-for-blogger-new-script/ itu linknya, saya pasang langsung valid kok, tidak pakai edit2 lagi. kalau tak lihat blognya menggunakan tag <br> ya? harusnya kan <br/>

Rudy Azhar write.. 21 Maret, 2010 Delete

sampai saat ini saya masih setia ama blogger.com karena saya memang hoby utak atik blog, tapi sampai saat ini yang masih kurang adalah komentar yang belum bisa reply seperti wp.
dan saya masih penasaran cara buat disain seperti pada blog http://www.apriliyanto.com/ kalau bisa tolong dikupas tuntas tutorialnya gimana???

Unknown write.. 22 Maret, 2010 Delete

Waduh saya kok diatas kang Rohman dan dibawah Choen, wah repot nih... belum sejajar dengan mereka bos, harusnya aku di terakhir saja... Dibawah sampean... Aku jadi ngga enak sama senior... tapi thanks buat review-nya... aku hanya merasa belum pantas apa belum siap... ya?
@Rudy Azhar: Sebenarnya sudah dilakukan percobaan seperti form komentar WP dengan bantuan jQuery tapi masih tetap perlu external host untuk PHP-nya biar load tidak terlalu berat... Tapi ada juga yang sudah berhasil menerapkannya walau itu juga masih banyak bug... Sayang saya lupa LINK-nya... bahasa-nya Brazil...

Denny write.. 22 Maret, 2010 Delete

Saya juga pernah coba terapkan yang external comment tersebut, tapi ya lagi2 memang errornya sudah di akar. jadi pembenahan utama tetap pada susunan url yang masih menggunakan code &amp; .

sebetule yang comment no 1 itu jago edit template dan rajin banget tiap hari ganti template.. hehehe..

OOT: santai wae mas hend, ini kan cuman buat referensi aja bukan untuk mengagung2kan seseorang. :D

BambangOke write.. 23 Maret, 2010 Delete

Ternyata Banyak juga blogger indonesia yg ngoprek blogspot bro,..
thanks for list

ardianzzz write.. 26 Maret, 2010 Delete

cebong-ipiet.blogspot.com broken link gan
yang bener:
http://cebongipiet.blogspot.com
koreksi aj :p

Denny write.. 26 Maret, 2010 Delete

thanks bos koreksinya.. sudah di edit.. :D

Doğan Gezici write.. 26 Maret, 2010 Delete

@Denny;

bro, You msn adress always offline??

biyan write.. 04 April, 2010 Delete

@Denny: Den...loe diteror tuh sama yang diatas gw. Dia juga pernah neror gw. wkkk...

Btw, nice share gan. bookmark yang diatas itu semuanya langganan ku. Gw sering kesana makan Rendang.

biyan write.. 04 April, 2010 Delete

Eh den...sorry lupa. ternyata yang nulis di http://www.bloggertuts.com itu Abu Farhan y. Saya tadi baru masuk kesana.

Sorry nyepam gan.

Denny write.. 04 April, 2010 Delete

@biyan .: ya bro, om abu jadi kontributor disana. mantab itu codingnya dah mendunia.. cuman jarang juga yang tau :D

Abu Farhan write.. 05 April, 2010 Delete

lama ga ngeblog lagi setelah pulang ke Indo, ternyata masih di review juga nih blog ku, Alhamdulillah walaupun lama ga ada artikel baru tapi PR jadi naik 5.

Denny write.. 05 April, 2010 Delete

@abu .: hehehe.. itu hadiah dari google untuk ilmu yang ente share bro :D
kapan neh mulai aktiv lagi, ditunggu lo update2nya.. thanks

cara membuat blog write.. 10 Mei, 2010 Delete

Duh ane oot banget nih...

ternyata blogspot bisa kek gitu yak...

ajarin dong mas, btw g bagi2 templatenya juga nih??

XD write.. 27 Juni, 2010 Delete

visit back ya mas

http://www.majalahbara-smaga.co.cc/

puluth® write.. 05 Maret, 2011 Delete

hallo, terima kasih infonya.. hahaha

Jefry write.. 25 April, 2012 Delete

Template blog mereka sangat bagus tapi sayangnya saya tidak memiliki kemampuan dalam desain template.
Btw tempat download template gratis yang bagus untuk blogspot dimana ya mas ?
trims..

Posting Komentar

Spam is not Good for your Body :)

 
© Blogger Tutorial | Powered by Blogger | Valid X/HTML (Home Page)
Framework: Choen Design: Denny
Back To Top