SEO on Blogspot


SEO Friendly Blogspot. Sedikit tips amburadul tentang optimisasi template blogspot, karena memang perlu ekstra muter otak untuk yang satu ini. Pengen beralih ke wordpress sekalian nambah pengetahuan, tapi kesetiaan masih kepada blogspot. Walau kekurangan dari blogspot dimana semua harus serba manual ( ketik-ketik ) tanpa plugin seperti yang ada di wordpress, tapi rasa ingin tahu itu memang membawa kita semua untuk belajar.

Seo Blogspot
Entah siapa saja guru-guru yang ada di blogosphere, tapi semua berawal dari sang empunya google. Maaf saya tidak bisa menyebutkan semua yang saya jadikan panutan, tapi semua tetap saya ucapkan terima kasih karena telah berbagi. Mungkin sudah banyak yang menulis tentang hal ini, namun sekali lagi hanya ingin menjadikan bahan catatan siapa tahu berguna bagi yang lain.

1. Modifikasi pada meta tag blogspot.
Salah satu kelemahan platform blogspot adalah tidak adanya plugin yang menggenerate meta tag, namun sudah banyak master-master blogspot yang mengakalinya supaya search engine friendly.
title:

<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>
<title>Keyword1, Keyword2, Keyword3, dst | <data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

atau

<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

discription dan keyword:

<meta content='Gambarkan isi dan maksud dari blog kamu secara singkat disini' name='description'/>
<meta content='keyword1, keyword2, keyword3, keyword4, dst' name='keywords'/>

atau

<meta content='Gambarkan isi dan maksud dari blog kamu secara singkat disini' name='description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + ", keyword1, keyword2, keyword3, keyword4, dst"' name='keywords'/>

di gabungkan menjadi:

<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<meta content='Gambarkan isi dan maksud dari blog kamu secara singkat disini' name='description'/>
<meta content='keyword1, keyword2, keyword3, keyword4, dst' name='keywords'/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<meta content='Gambarkan isi dan maksud dari blog kamu secara singkat disini' name='description'/>
<meta content='keyword1, keyword2, keyword3, keyword4, dst' name='keywords'/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.pageTitle/></title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + ", keyword1, keyword2, keyword3, keyword4, dst"' name='keywords'/>
</b:if></b:if></b:if>

Sedikit modifikasi meta tag mungkin membantu mesin pencari untuk menemukan blog anda.

2. Template dan Widget.
Pilihlah template yang SEO friendly dan jangan terlalu banyak menggunakan widget. Ada yang berpendapat bahwa template yang menempatkan post artikel di bagian kiri dan widget lain-lainnya di sebelah kanan adalah yang paling SEO friendly. Masuk akal juga karena loading pertama dia langsung ke artikel, disini ada dua keuntungan dimana robot ( mesin pencari ) akan langsung menuju ke isi posting. Selain itu jika koneksi lambat, orang masih sempat membaca isi postingan tanpa menunggu keluarnya sidebar.

Penggunaan banyak widget dapat memperlambat loading page blog anda, untuk itu gunakanlah widget seefisien mungkin sehingga tujuan anda bisa tercapai. Banyak widget memang menarik, tapi bila tujuan anda adalah share artikel maka sebaiknya gunakanlah widget yang diperlukan saja sehingga pembaca merasa nyaman. Pemilihan warna menjadi salah satu faktor utama seorang pembaca kembali lagi ke halaman blog anda, banyangkan jika terlalu tajam warnanya tentu saja pembaca akan enggan berkunjung.

3. Isi artikel.
Ada banyak pendapat tentang bagaimana menyiasati isi artikel dalam suatu posting. Dengan memberi Bold atau Italic akan menarik perhatian robot untuk mengambil keyword tersebut, tidak ada salahnya mencoba. Ada tips lain dimana kita bisa bermain link, jadi tiap post yang kit a tulis mencantumkan link ke postingan yang lain. Cara ini di anggap jitu oleh sebagian blogger karena dengan memberikan anchor teks yang pas bisa membuat daya tarik tersendiri bagi robot, tapi hati-hati karena terlalu banyak link bisa menyebapkan masalah.

Bikinlah beberapa alur posting yang bersambung, sehingga pengunjung akan mendatangi kembali blog anda hanya untuk cerita bersambung ( to be continue ). Hal ini berlaku tidak hanya pada blogspot, para pengguna wordpress pun melakukan hal yang sama untuk masalah menyiasati artikel.

4. Blogwalking dan Backlink.
Tidak bisa di pungkiri kedua hal itu adalah yang di lakukan oleh kebanyakan blogger dan di cari oleh para blogger. Salah satu rutinitas blogger pemula seperti saya adalah blogwalking untuk mencari banyak-banyak teman sesama blogger dan juga gratisan backlink. Salah seorang blogger senior mengatakan bahwa backlink sangat mempengaruhi site kita di mata mesin pencari, apalagi jika backlink tersebut berasal dari blog yang mempunyai PR ( page rank ) tinggi.

Backlink yang kita peroleh dari blog berPR tinggi sedikit banyak akan menarik kalkulasi mesin pencari sehingga akan menambah kesempatan kita untuk mendapatkan PR juga. Saya pernah membaca tabel kalkulasi pengaruh backlink berdasarkan PR dan hal itu juga yang merangsang saya untuk mencari backlink sebanyak-banyaknya. Symbiosis mutualisme, jadi keduabelah pihak saling di untungkan.

5. Comments dan Dofollow.
Komentar yang di lontarkan pengunjung dapat menjadi daya tarik sendiri dalam suatu posting, dimana akan terjadi seperti perdebatan untuk masalah yang berhubungan dengan posting. Hubungan antara komentar dan SEO adalah ketika kita memberikan komentar di blog dofollow, karena kita secara otomatis mendapatkan backlink sebagai timbal balik komentar.

Cara setting link comment author menjadi dofollow:

Masuk ke Edit Html pada blogger lalu beri centang pada expand widget, setelah itu cari code di bawah ini
<a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='nofollow'>
Lalu hapus rel='nofollow' dan save template.

6. Gambar.
Kita sering melupakan hal ini, optimalisasi pada gambar dapat mempengaruhi pengunjung blog kita. Tidak bisa di pungkiri banyak visitor datang dari hasil pencarian gambar di mesin pencari. pamasangan alt="Contoh" pada tag gambar bisa mempengaruhi robot untuk membaca data tersebut. Pada wordpress jika kita upload gambar akan langsung tersedia kolom alt, namun kita perlu melakukannya manual pada blogspot.

Udah enam tips, walau tidak banyak namun kalau nulisnya ikhlas insyaallah bermanfaat. Dengan adanya saya menulis tips-tips seperti ini bukan berarti saya merasa hebat, tapi bagi saya di alam para blogger adalah kesempatan untuk belajar dan mengajar. Dapat berbagi adalah suatu hal yang indah.

26 Comments for SEO on Blogspot:

renee write.. 26 Mei, 2009 Delete

tetep aja aku ga ngerti kaaaaaaaaaaaaaa... hahahahaa....

Abi write.. 28 Mei, 2009 Delete

Tips2 nya jitu boss

ammadis write.. 31 Mei, 2009 Delete

Makasih infonya...sangat berguna....

Wallstreet write.. 14 Juni, 2009 Delete

Than'k for your information

Lala write.. 03 Juli, 2009 Delete

Wah makasih infonya, bermanfaat sekali.

dani write.. 28 Juli, 2009 Delete

cmiiw, yang teks spesial seperti bold dan italic sepertinya hanya bermanfaat bagi aksesibilitas manusia, bukan robot. setidaknya peramban teks seperti lynx/links membacanya demikian.

misalnya bold (lebih semantik dengan <strong>) dan italic (lebih semantik <em>) akan relatif lebih mudah di-scan saat membaca halaman web.

sedangkan teks spesial seperti h1-h3 juga disebutkan mulai kurang diperhitungkan dalam SEO karena banyak disalahgunakan. tetapi masih sangat bermanfaat dari sisi aksesibilitas dan semantik web/(x)html.

Denny write.. 28 Juli, 2009 Delete

@dani .: terima kasih mas dani udah mampir disini.

commentnya. salut sama commentnya mas, sepertinya saya perlu belajar lebih banyak tentang sematik web untuk penempatan h1-h3 yang jelas2 sekarang ini memang di manipulasi untuk mendapatkan hasil maksimal.

beberapa dari trik optimasi onpage emang sudah tercium oleh google sehingga mereka merubah cara pandang serta penghitungannya.

seperti keyword di blog mas fanari juga ada penggalan yang menyatakan bahwa google tidak lagi memperhitungkan meta keyword, salah satu penariknya mungkin dengan pemakaian <strong> dan <em> ya semoga google tidak terlalu memperketatnya.. :D

mas dani ada bisa ajarin tentang optimasi onpage ga neh..

alib16 write.. 18 Januari, 2010 Delete

info menarik mas, lam kenal

ihsan mufthi write.. 14 Maret, 2010 Delete

sejauh ini,,,, memang blog walking dan cooment dofoolow,,yang paling sedikit banyak bisa menaikan pr,,

rheeantz write.. 27 Maret, 2010 Delete

jika anda ngaku seorang pemula maka saya apa ya?? wkwk.. makasih pencerahannya Gan... nice tutor

Blog and SEO Tips write.. 11 April, 2010 Delete

Wah, sungguh luar biasa infonya gan... Terimakasih banyak...

Teras Info write.. 14 Juni, 2010 Delete

thanks atas informasinya....
salam kenal juga....

Belajar Optimasi SEO write.. 15 Agustus, 2010 Delete

Wah bagus juga trik ini. Namun saya mau dikit koment pada header. Lho ko tiap halaman dikasih diskripsi. Di tag diatas,saat dihalaman home dikasih diskripsi dan klo di posting juga dikasih diskripsi, bukankah search engine mengganggap itu duplicated discription. Dan kedua, jika menggunakan tag diatas, maka diskripsi semua posting akan sama. Ya klo posting kita topiknya sama, klo beda? khan gak nyambung to?...ya itu aja dikit pendapat ane. Makasih bgt

hans ganteng write.. 17 Agustus, 2010 Delete

wah mantab nih bahasannya, sy setuju kalo search E sdh perketat masalah header tag
blogspot sepertinya memang tercipta u/duplikat content walau sdh ada canonical coz post ID=permalik post, blogID=url blog, widgetID, authoID dll tetap duplikat. Cara ngakalinnya mau ga mau improve di parameter webmaster tools.

Oh mumpung pakar seo kumpul, saya mau nanya nih, gmn agar blogger seo friendly di lynx browser?, cara buat delorie html, delorie.gif?, terus sitemap doctype yg bagus untuk xml apa yah ?
Thx all, salam kenal aja...

artikel salah posting write.. 09 Mei, 2011 Delete

terima kasih gan sharingnya, saya sudah terapkan semuanya. sekses selalu.

Panduan dan Tutorial Gratis write.. 20 Agustus, 2011 Delete

benar juga gan, gara2 kebanyakan widget kini rangking blog saya menurun, tpi mau ngurangin widget sayang hehe

gadgetsdotcom write.. 12 Oktober, 2011 Delete

menurut saya orang2 yang jago seo blogspot hanya beberapa orang saja...di lihat kerumitanya blogspot sebenarnya tangguh di serp

sprei bed cover write.. 26 Oktober, 2011 Delete

gan thank you nice and helpful info, hope is always successful.

Nicky Oktavian write.. 06 Mei, 2012 Delete

makasih sob tips diatas akan sy coba nihh

current version plugin write.. 12 Juli, 2012 Delete

matap master, banyak yang bilang blogspot gk seo frenly tapi menurut ane gmana yg di blakangnya makyus

vimax write.. 15 Maret, 2014 Delete

makasih solusinya gan, artikelnya sangat membantu salam kenal

vimax write.. 16 Maret, 2014 Delete

makasih solusinya gan, artikelnya sangat membantu salam kenal

digital marketing agency Toronto write.. 24 Januari, 2021 Delete

We are a leading digital marketing company in Toronto. Our services include SEO, SMO, Google ads, Facebook ads.

digital marketing agency Brampton write.. 09 Maret, 2021 Delete

We are leading digital marketing company in Brampton. Our services include SEO, SMO, Google ads, Facebook ads.

Elliott Wave Institute write.. 06 Agustus, 2021 Delete
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
TK Cabs write.. 27 Maret, 2023 Delete

Make your trip more affordable by using TK Cabs to organise it. In Rajasthan, Uttar Pradesh, Kerala, Delhi-NCR, and these other states, we provide the most trustworthy taxi service. All of their customers now enjoy a relaxing, enjoyable ride in spotless vehicles thanks to us.
Corporate Cab Services

Posting Komentar

Spam is not Good for your Body :)

 
© Blogger Tutorial | Powered by Blogger | Valid X/HTML (Home Page)
Framework: Choen Design: Denny
Back To Top