Belajar SEO Lewat Kontes


Belajar SEO Lewat Kontes. Sampai sekarang saya masih pusing tentang hal ini, bagaimana mendapatkan posisi terdepan di SERP. Membaca berbagai macam tutorial membuat saya semakin bimbang, karena banyak dari tips dan informasi dari para master itu berbeda satu sama lain. Satu-satunya jalan adalah dengan mencoba berbagai macam tips tersebut serta merangkumnya menjadi satu tips jitu yang bisa meningkatkan posisi kita pada salah satu keyword.


Belakangann ini saya dan beberapa teman mencoba mengikuti kontes-kontes SEO yang bertebaran, sementara hanya mengikuti kontes bagi pemula dan kontes-kontes lokal. Merenung kekurangan apa yang ada dari blog ini sehingga tidak bisa mendapatkan posisi yang bagus di google, maksimal hanya sampai di halaman 2. Saya disini tidak menjadi seorang master yang berbagi ilmu, tapi saya hanya ingin share tentang informasi yang saya dapatkan saat mengikuti beberapa kontes tersebut. Apalagi Update terakhir google pagerank kemaren saya tidak mendapatkan tambahan pagerank.

Apa saya tidak mendapatkan tambahan pagerank karena blog saya dofollow dan juga menulis beberapa artikel review? Ternyata tidak juga, karena beberapa blog teman yang menggunakan hal serupa mendapat update pagerank sampai PR4. Walaupun tidak bisa dipungkiri ini juga menjadi faktor penting dalam pertimbangan google untuk memberikan atau menghapus pagerank sampai dengan PR0. Padahal dengan format dofollow kita bisa menarik visitor dengan memberikan free backlink setiap mereka meninggalkan komentar. seperti kata mas bayumukti bahwa backlink dari blog dofollow nilainya lebih besar dari blog nofollow, namun dengan adanya masalah ini saya menjadi bimbang mau menggunakan dofollow atau nofollow.

Masalah kedua adalah pada permainan meta discription pada url postingan, apakah saya perlu memberikan meta tag khusus sehingga bisa memberikan diskripsi jelas mengenai artikel ataukah harus membiarkannya kosong sehingga google menggunakan baris pertama dari artikel untuk jadi panduan. Dari beberapa peserta kontes yang nongkrong diposisi utama mereka kebanyakan tidak menggunakan meta tag discription pada url posting mereka, padahal dari beberapa tips yang saya baca banyak yang memberikan diskripsi khusus untuk url. Untuk platform blogger tentunya ini sangat merepotkan, tapi bagi pengguna Wordpress anda tidak usah khawatir karena sudah ada plugin untuk SEO.

Masalah lainnya adalah visitor, ketika kita mencari traffic hal apa yang kita pertimbangkan. Mendapatkan visitor murni dari search engine ataukah dengan menggunakan blogwalking? Walaupun keduanya merupakan satu hal yang penting, saya yakin keduanya mempunyai nilai yang berbeda di mata robots. Mengapa saya bisa bilang seperti itu, dibeberapa url popular saya di google analize mereka tidak mempunyai PR. Namun di beberapa halaman yang saya gunakan untuk kontes dan saya pokokkan visitornya dari blogwalking, url tersebut mendapatkan PR antara 1 dan 2. Di peserta yang menempati posisi halaman pertama pun begitu, mereka rata-rata memperoleh PR tinggi bahkan ada yang sampai PR3. Namun anehnya url blog teman saya yang PR3 tidak bisa memperoleh posisi di 5 besar halaman google untuk keyword tertentu, menurut prediksi saya karena dia tidak menggunakan dukungan SEO.

Pure Backlink, ini yang sangat saya butuhkan. Selain bisa meningkatkan nilai url, pure backlink yang berada di tempat strategis tentu akan meningkatkan visitor yang mengarah pada url tersebut. Namun pure backlink sangat susah didapatkan, karena beberapa blogger enggan memberikan backlink di halaman index. Bahkan sekarang mereka rata-rata menggunakan page khusus link exchange. Informasi yang saya dapat dari beberapa blogger, bahwa blog dummy sangat penting untuk SEO. Itu merupakan kesalahan fatal saya karena selama ini saya hanya berpusat pada satu blog tanpa membuat blog pendamping. Selain itu kekalahan saya juga disebapkan saya kurang punya teman dekat untuk dijadikan team, saya maksudkan karena rata-rata pemain kontes bekerja menggunakan team.

Kemarin seorang teman juga mengkritik masalah domain oblo.web.id yang saya gunakan, memang benar bahwa domain .com .net .org mempunyai nilai lebih dimata search engine. Namun setelah dipikir-pikir untuk berpindah domain, saya masih belum berani. Butuh waktu lama untuk bisa meraih apa yang saya dapat sekarang ini, backlink, pagerank dan alexa rank. Untuk domainnya saya sudah menyiapkan 2 domain yang baru saya beli kemarin, namun akhirnya saya enggan untuk mulai dari awal.

Mungkin ada beberapa teman blogger yang mau memberi petunjuk pada saya atau sekedar membahas tentang masalah-masalah saya tersebut, saya sangat mengucapkan terima kasih. Saya sangat membutuhkannya untuk beberapa kontes yang saya ikuti Kontes SEO Aristia Wida Rukmi dan Kontes Rusli Zainal Sang Visioner.



11 Comments for Belajar SEO Lewat Kontes:

mardee write.. 27 Juni, 2009 Delete

wah, kalo saya masih mumets masalah SEO itu..
yg penting tetep posting aja :D

djamz write.. 27 Juni, 2009 Delete

hehehehe... mumet seh klo berpatokan pada kontes.. harus nyangkut2in semua posting ke tema biar mudah ke SERP.. aku cuma iseng2 pake aja klo dipakai bahasa inggris isa ga. Klo ga tembus ya ga di daftarin kontest.

bunda azka write.. 28 Juni, 2009 Delete

klo saya gak jago seo mas, jadi kurang pede klo suruh ikutan kontes :D

itthai write.. 28 Juni, 2009 Delete

wah..
lgi ikutan kontes SEO ya..
semoga menang deh..;)

Denny write.. 28 Juni, 2009 Delete

@mardee, om djamz, ma bunda.. awalnya ga pede, tapi namanya belajar masa nunggu pede,, hehehe.. kalo mumetz mah asik,, kadang malah bikin kecanduan *penasaran

@itthai.. iya neh mas,, terima kasih doanya..

p3durungan write.. 29 Juni, 2009 Delete

selalu belajar dan mencoba. yang penting berusaha.

belajar ngeblog write.. 01 Juli, 2009 Delete

wah kreatif banget tulisanya.. mantap.. selamat belajar dan saya juga lagi belajar ngeblog

belajar seo write.. 03 Juli, 2009 Delete

wah emang bener belajar seo lewat kontes paling tepat

kontes seo rusli write.. 03 Juli, 2009 Delete

anda benar bung kita bisa belajar dari kontes seo..

Pandu write.. 10 Juli, 2009 Delete

selalu belajar untuk bisa lebih baik....

Blogger SEO Blogspot write.. 24 Maret, 2012 Delete

Saya masih gagal selalu ikut kontes,,

Posting Komentar

Spam is not Good for your Body :)

 
© 2010 Blogger Tutorial | Powered by Blogger | Valid X/HTML (Home Page)
Framework: Choen Design: Denny
Back To Top